Kanal

Ini Cara BPJS Kabupaten Siak Bagikan KIS Kepada Masyarakat

PELITARIAU, Siak - Badan Kesehatan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Siak menggelar rapat penyaluran Kartu Indonesia Sehat (KIS) bekerja sama dengan Tenaga Kesejahteran Sosial Kecamatan (TKSK), yang terdiri dari 14 Kecamatan se-Kabupaten pada hari Kamis pagi (01/09/2016) di jalan perkantoran Sungai Betung.

 

TKSK merupakan mitra Dinas Sosial Ketenaga kerjaan dan Transmigrasi (DisosnakerTrans) Siak, untuk menjalankan program pemerintah dalam  menyalurkan KIS sebanyak 52987, yang dibagikan kepada masyarakat kurang mampu.

 

Dalam hal ini, kepala BPJS cabang Siak Rina Elfita Purba SKM kepada Pelitariau.com menjelaskan, pihaknya selaku perwakilan BPJS dibidang Kesehatan sengaja melibatkan TKSK untuk menyalurkan KIS bagi warga miskin kurang mampu.

 

Yang bertujuan untuk menjamin kesehatan masyarakat miskin ketika berobat, baik di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

 

"Hal ini berdasarkan program pemerintah dalam Undang-Undang (UU) 40 tahun 2004 tentang Jaminan Sosial Nasional (JSN) dengan UU 24 Tahun 2011 tentang Jaminan Sosial (JS),"ungkapnya.

 

Lanjut Rina, Salah satu Manfaat BPJS yaitu Biaya pengobatan akan ditanggung untuk istri atau suami yang sah dari peserta yang mendapatkan tunjangan, termasuk juga daftar penerima pensiun bagi lanjut usia (Lansia).

 

Lebih jauh lagi Rina menjelaskan, Iuran setiap anggota BPJS sangat terjangkau dan juga berdasarkan kelas-kelas yang sudah disediakan, oleh karena itu masyarakat tinggal memilih sesuai dengan keinginan dan juga keadaan ekonomi.

 

Jaminan kesehatan yang dijanjikan oleh pihak BPJS merupakan jaminan perseorangan mencakup pelayanan yang berupa preventif, promotif, kuratif termasuk juga pemberian obat-obatan dan bahan medis lainnya yang habis pakai,"terangnya.

 

"Tidak hanya itu saja, pelayanan seperti ambulan dari tempat satu ketempat lain ditanggung oleh pihak BPJS, sehingga masyarakat tak perlu lagi memikirkan biayanya. Adanya pelayanan forensik bagi anggota BPJS dan juga pemulasan jenazah,"tunngkas Rina.

 

Sementara itu, ketua Forum TKSK M Yamin SAG menyambut baik kerja sama BPJS dengan TKSK dalam menyalurkan KIS. "Kami sangat sangat menyambut baik kerjama yang diberikan oleh BPJS kepada kami, dan memberikan kepercayaan sepenuh terhadap Forum TKSK Kabupaten Siak," tegas M Yamin.***drs

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER