Kanal

Harga Gula Pasir di Pekanbaru Meroket Capai Rp18.000/kg

PELITARIAU, Pekanbaru - Harga gula pasir diberbagai pasar yang ada di kota Pekanbaru kembali menunjukkan peningkatan yang sangat tajam pada, Rabu (03/08). Meskipun beberapa hari sebelumnya harga gula pasir naik secara perlahan, namun Rabu ini meroket sampai Rp.18.000/kg.

Kenaikan harga gula pasir ini dipertanyakan, terutama seklai terkait pengawasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru. Sebab, operasi gula pasir sudah dilakukan beberapa kali oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan Badan Urusan Logistik (Bulog).

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Pekanbaru Mas Irba H Sulaiman saat dikonfirmasi  membenarkan meroketnya harga gula pasir di kota Pekanbaruhal tersebut. “Informasi terakhir sudah Rp
18 ribu per kilogram gula pasir," sebutnya, Rabu (03/08).

Irba mengatakan pihaknya sudah koordinasi dengan Bulog Divre Riau dan Kepulauan Riau (Kepri). “Kita sudah sampaikan ke Bulog jadi ada 1000 ton yang akan didatangkan,” katanya.

Untuk harga dipastikan akan di bawah harga pasaran. “Rp 13 ribu per kilogram, kata pihak Bulog dalam pekan ini gulanya akan sampai,” sebut Irba.

Selain mengandalkan Bulog, Disperindag Pekanbaru juga melayangkan surat ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. “Kita sampaikan surat ke Disperindag Riau agar dibuka saja kran impor,” katanya.

Peluang kran impor dimaksudkan supaya mengantisipasi ulah spekulan yang mencari untung. “Secara lisan sudah disampaikan juga, peluang beli gula kristal Malaysia dan Thailand. Karena harga disana cuma Rp 7
ribu per kilogram,” terangnya.

Mengenai aturan impor, Irba sebut khusus gula tidak ada masalah. Sebab gula pasir memang komoditi yang diatur secara khusus oleh pemerintah.(dian)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER