Kanal

Atlet Tunagrahita Perkuat Tim Basket Meranti Pada Porprov

PELITARIAU, Selatpanjang– Dua atlet penyandang Tunagrahita akan memperkuat Tim Bola Basket Kab. Kepulauan Meranti pada Pekan Olahraga Porprovinsi (Porprov) Riau ke-VIII di Inhu.

Demikian disampaikan salah seorang pengurus dan pelatih SOIna Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumadi SKom, kepada wartawan di Selatpanjang, Kamis (2/10). Dua atlet penyandang Tunagrahita itu yakni Darwin (17) dan Hentry (18). Keduanya merupakan siswa SMK Patria Dharma Selatpanjang.

"Mereka sudah dipastikan akan memperkuat Tim Basket Kabupaten Kepulauan Meranti pada Porda Riau di Inhu. Mereka terpilih karena memang memiliki kemampuan luar biasa, selain juga pernah mengharumkan nama Riau pada Pornas SOIna di Makassar beberapa waktu lalu dengan menyumbangkan medali emas," ucap Jumadi.

Dijelaskannya, meskipun kedua pelajar SMK ini memiliki keterbatasan dalam berfikir dan belajar, namun di lapangan mereka selalu tampil prima dan memukau dalam mendrible dan melakukan shoot bola ke ke ranjang basket, sebagaimana anak normal lainnya.

"Tunagrahita atau intelektual disabilities adalah individu yang diindentifikasikan oleh psikolog memiliki kelambanan dalam berfikir dan belajar serta kesulitan dalam berbicara. Hal itu diukur dengan level IQ dibawah 70. Namun, apabila berhubungan dengan sesuatu yang mereka minati atau hobi, mereka akan terlihat berbeda," jelas Jumadi.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, H Masrul Kasmy mengungkapkan rasa kagumnya dengan kemampuan penyandang tunagrahita, yang mampu tampil memperkuat tim basket Kepulauan Meranti pada Porda Riau di Inhu mendatang.

Wabup juga berkeingin, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti memberikan penghargaan lebih kepada atlet-atlet yang berprestasi dan mengharumkan nama daerah. Tidak hanya dalam bentuk bonus sagu hati ketika berhasil memenangkan perlombaan.

"Salah satu bentuk penghargaan lebih bisa berupa beasiswa, diberi peluang kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan, atau penerimaan CPNS melalui jalur atlet dan lain sebagainya. Karena sesungguhnya mereka ini menjadi pahlawan dan icon bagi Kabupaten Kepulauan Meranti," tandas Wabup. (kor. nto)

 

Editorial: Rio Ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER