Kanal

MTQ Ke-IIX Kabupaten Meranti Akan Segera Digelar, Berikut Penjelasannya

PELITARIAU, Meranti- Gelaran Musabaqoh Tilawati Qur'an (MTQ) Ke-IIX Kabupaten Kepulauan Meranti Meranti akan segera dilaksanakan, dari hasil rapat pesiapan yang dipimpin langsung Asisten III Sekdakab Meranti H T Akhrial, direncanakan kegiatan tersebut akan digelar pada akhir Agustus 2016 mendatang.

 
"Pelaksanaan MTQ Ke-IIX Kabupaten Meranti direncanakan pada akhir Agustus mendatang, namun menyangkut tanggal pastinya, menyesuaikan dengan pelaksanaan MTQ Provinsi Riau," jelas T H Akrial, Kamis (14/6).
 
Meski pelaksanaan kegiatan syiar islam sekaligus menyaring bibit unggul
Qori/Qoriah Meranti yang akan diikut sertakan dalam ajang MTQ yang lebih
tinggi masih cukup lama, namun demi sempurnanya acara MTQ Ke-IIX Kabupaten Meranti, Bagian Kesra Sekdakab Meranti selaku peyelenggara kegiatan mulai mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari penetapan SK Panitia, Logo MTQ, Tema, Desain Astaka, Peserta Pawai, Bazar hingga lokasi kegiatan.
 
Struktur Panitia diakui Kabag. Kesra Rosdaner sudah tidak ada masalah
karena menyesuaikan dengan Tupoksi SKPD/Bagian masing-masing, tapi
menyangkut Logo harus dirancang menyesuaikan dengan tema MTQ Ke-8 Kabupaten Meranti, sementara untuk Pembuatan dan Desain Astaka dari hasil rapat akan ditangani oleh Dinas PU Meranti, Tempat Bazar akan difasilitasi oleh Bagian Kesra (diluar isi).
 
Untuk Pawai Taqruf yang sudah menjadi agenda rutin, tetap dilaksanakan dengan mengandeng pihak Kecamatan untuk mengkoordinir peserta diwilayahnya. Selain mengikutsertakan para Qori dan Qoriah, Official, juga ditambah para pelajar dan guru tingkat SMP, SMU sederajat dan pengurus Masjid.
 
Sementara terkait lokasi pelaksanaan MTQ Ke-8 Meranti sama seperti tahun yang lalu yakni di Halaman Gedung LAM Jalan Dorak, Selatpanjang.
 
Dengan pelaksanaan MTQ itu, Pemkab. Meranti berharap, tujuan utama dari acara dapat tersampaikan, yakni mengajak masyarakat untuk terus mencintai baca Al-Quran, memahaminya dan mempedomaninya dalam kehidupan sehari-hari.
 
Dan yang tak kalah penting dapat terus mempertahankan prestasi Kabupaten Meranti dalam gelaran MTQ Tingkat Provinsi maupun Nasional. Seperti diketahui pada lomba MTQ Tingkat Provinsi beberapa waktu lalu Kabupaten Meranti keluar menjadi Runner Up atau berada diperingkat 2 setelah Kabupatn Rokan Hulu.
 
"Yang penting tujuan dari MTQ dapat tercapai, masyarakat mencintai
Al-Quran, memahami dan menerapkan ya dalam kehidupan sehari-hari," ujar
Kepala Kemenag. Miskam Selamat.
 
Keberhasilan Kabupaten Meranti meraih peringkat 2 pada MTQ Provinsi Riau Ke-XXXIV di Kabupat Siak tahun lalu, tak terlepas dari keberhasil MTQ Tingkat Kabupaten dalam membina dan menyaring Qori dan Qoriah yang diikutsertakan pada gelaran MTQ yang lebih tinggi. Bahkan dari data LPTQ Meranti, sebanyak 9 Qori dan Qoriah Meranti akan mewakili Riau di ajang MTQ Tingkat Nasional mendatang. Untuk itu Asisten III Sekdakab. Meranti H T Akhrial berharap pertasi itu dapat dioertahankan dan kalau bisa dapat ditingkatkan. 
 
"Kita berharap geoaran MTQ yang kita laksanakan ini juga dapat meningkatkan prestasi dari kafilah kita yang berlomba diajang yang lebih besar," ujarnya.***

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER