Kanal

Jokowi Bahas Peningkatan Ekspor Minyak Sawit Bersama Putin

PELITARIAU, Rusia-Presiden Joko Widodo telah membahas upaya peningkatan ekspor minyak sawit Indonesia ke Rusia saat bertemu dengan Presiden Vladimir Putin, Rabu (17/5) petang waktu setempat.

"Kami minta kepada Presiden (Puitn) agar kiriman minyak sawit kita ke Rusia bisa diberikan jalan yang baik, kemudian juga bisa ditingkatkan lagi jumlahnya," kata Jokowi usai bertemu di rumah kediaman Putin, Bocharoc Rucey, di Kota Sochi, Rusia seperti diberitakan Antara.

Menurut Jokowi, total ekspor minyak sawit Indonesia ke Rusia pada 2015 mencapai 480 juta kilobarel. Hal ini memberikan manfaat bagi petani sawit di Indonesia.

Jokowi juga memuji hubungan bilateral antara Indonesia dengan Rusia yang dibangun sejak 60 tahun lalu.

"Hubungan sejarah panjang sejak Presiden Soekarno, perlu kita tingkatkan lagi sekarang ini dan saya ingin agar hubungan ekonomi, hubungan politik, hubungan budaya ini juga dikembangkan lagi," ujarnya,

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan kepada Putin bahwa pemerintah Indonesia berniat membeli properti di Kota Moskow sebagai gedung pengganti KBRI yang sedang direnovasi.

Sementara Presiden Putin menyatakan apresiasinya atas pertemuan bilateral dengan Jokowi, termasuk membahas isu internasional.

Presiden Putin juga mengatakan Rusia ingin dapat meningkatkan nilai perdagangan bersama Indonesia.

"Saya harap delegasi Indonesia dapat merasakan keramahan Rusia," katanya.**


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER