Kanal

Yasonna Laoly: Pembangunan Rutan Cabang Bagansiapiapi Dimasukan Dalam Anggaran APBN P

PELITARIAU,ROHIL- Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Menkumham Republik Indonesia (RI) sabtu pagi (16/4) melakukan kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), dalam agenda pokok meninjau Rutan Kelas 2 B Bagansiapiapi Kecamatan Bangko, yang merupakan Rutan terpadat se Indonesia. 

 

Menkumham RI Yasonna Hamonangan Laoly SH MSc PhD bersama Plt Gebernur Riau, Bupati Rohil H Suyatno, Wakil Ketua DPRD Abdul Kosim, Polres Rohil AKBP Subiantoro SIK, Damdim Letkol Arh Bambang Kisworo,mengunjungi satu persatu ruangan tahanan, dimana terlihat satu ruangan sangat padat yang diisi puluhan narapidana, sementara idealnya satu ruangan hanya diisi tujuh narapidana.

 

Menkumham RI  Yasonna Hamonangan Laoly SH MSc PhD dikonfirmasi wartawan Pelitariau.com, sabtu (16/4) mengatakan, pembangunan rutan kelas 2 B cabang Bagansiapiapi pada tahun 2016 ini telah kita masukan ke dalam anggaran APBN Perubahan. Karena Rutan cabang Bagansiapiapi ini nsudah menjadi proritas kita. 

 

"Kita ketahui, rutan cabang Bagansiapiapi merupakan rutan terpadat se Indonesia dengan hunian berjumlah 687 narapidana sementara kapasitas rutan hanya 98 narapidana,"Kata Yasonna Laoly.

 

Dalam kesempatan itu yasona laoli mengunjungi satu persatu ruangan tahanan, dimana terlihat satu ruangan sangat padat yang diisi puluhan narapidana, sementara idealnya satu ruangan hanya diisi tujuh narapidana.

 

“Menanggapi hal ini, menteri yasona laoli berjanji akan memprioritaskan pembangunan rutan Cabang Bagansiapiapi, pihaknya akan memasukkan anggaran pembangunan Rutan tersebut pada APBN Perubahan tahun 2016 ini,"Ucap Yasonna. 

 

Terkait over kapasitas rumah tahanan merupakan permasalahan secara nasional, untuk itu pihaknya segera menyelesaikan persoalan tersebut secara bertahap, sebab rutan merupakan tempat pemasyarakatan bukan membinasakan,”Terangnya.

 

"Kemenkumham mengucapkan terima kasih kepada pemkab rohil yang sudah mau bekerjasama dengan bawahan kemenkumham, terlebih lagi dalam hal penyedian lahan pembangunan Rutan Cabang Bagansiapiapi,"Bebernya.

 

Bupati Rohil H Suyatno juga menyampaikan, over kapasitas yang dialami oleh Rutan Bagansiapiapi sudah cukup lama, melihat kondisi tersebut Pemerintah sudah menyiapkan lahan seluas empat hektar yang berada di batu empat untuk dijadikan lokasi pembangunan rutan yang baru. n

 

"Namun hingga masih terdapat kendala dalam pembangunan tersebut, sehingga belum bisa direalisasikan, untuk itu dengan hadirnya Yasonna Laoly ke Rokan Hilir bisa mempermudah proses pembangunan Rutan Bagansiapiapi kedepannya,"Ujarnya.***Jr


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER