Kanal

Bupati Inhil Imbau Masyarakat Ikut Cegah Penularan Wabah DBD

 

PELITARIAU, Tembilahan- Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk mencegah terjadinya penularan wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

 

Menurutnya, dengan tingginya curah hujan terutama di wilayah endemis DBD serta cuaca tidak menentu, dikhawatirkan akan semakin memudahkan nyamuk aedes aegypti berkembang biak.

 

“Jika perkembangbiakan nyamuk ini sudah bertambah banyak, tentu potensi penularan penyakit DBD akan semakin besar,” kata Wardan belum lama ini.

 

Upaya pencegahan tersebut terangnya, bisa dilakukan dengan menerapkan gerakan 3M plus yakni menguras, menutup dan mengubur.

 

Maksudnya, menguras tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi, tempayan, ember, vas bunga, tempat minum burung dan lain-lain seminggu sekali. Selanjutnya menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember, gentong, drum dan lain-lain. Dan terakhir mengubur semua barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah yang dapat menampung air hujan.

 

“Untuk plusnya adalah menggunakan kelambu saat tidur pagi atau sore bagi anak atau bayi, menggunakan obat anti nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik dan melakukan pemantauan jentik nyamuk DBD,” paparnya.***Bud/Adv

 

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER