Kanal

Diduga Proyek Optimalisasi Kelistrikan RSUD Masih Berlanjut

PELITARIAU, Rengat - Pekerjaan proyek pembangunan optimalisasi kelistrikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indrasari Pematang Reba, pada Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) tahun 2015 lalu sebesar Rp8,2 Milyar lebih, sepertinya masih berlanjut.

Sehingga hingga saat ini, pengoperasian mesin genset merek Perkin dengan daya 630 KVA yang ditempatkan di RSUD Indrasari belum dapat difungsikan. Sementara keberadaan proyek tersebut dimaksudkan, untuk menopang mesin genset lama di RSUD ketika terjadi mati lampu dari PLN.

Namun, pekerjaan yang masih dilakukan pada Senin (11/4) terlihat adanya peralatan mesin yang datang. Peralatan itu diturunkan dengan menggunakan truck crane.

Peralatan tersebut, dimasukan kedalam rumah mesin (power house) yang berada persis dibelakang RSUD Indrasari Pematang Reba. “Iya tadi ada peralatan baru yang dimasukkan ke rumah mesin genset di RSUD Indrasari,” ujar Manurung salah seorang warga yang kebetulan berada di lokasi tersebut.

Saat dikonfirmasi Pelitariau.com senin (11/4) Kepala Bidang Keenergian dan Kelistrikan pada Distamben Inhu Bakri ST mengatakan, kedatangan barang tersebut bukan barang proyek optimasilisasi kelistrikan. 

“Itu sudah diluar pekerjaan proyek optimalisasi kelistrikan,” ujar Bakri.

Menurutnya, material tersebut merupakan material pekerjaan dari PT PLN. Dimana, material tersebut dalam rangka untuk pelayanan penyambungan pelanggan tegangan menengah yang dilaksanakan oleh kontraktor PLN.

 Hanya saja, Bakri tidak mau menjelaskan tentang penambahan daya atau penyambungan pelanggan tegangan menengah dengan pengoperasian mesin genset pada proyek optimalisasi kelistrikan. Sebab, secara umum diketahui keberadaan mesin genset tersebut tidak ada kaitannya dengan penambahan daya pada RSUD.

Ditempat terpisah, Humas PLN Area Rengat Mariadi ketika dikonfirmasi membenarkan material tersebut merupakan pengadaan dari pihanya. 

“Material tersebut untuk mendukung penambahan daya di RSUD Indrasari. Sebab, dalam proyek optimalisasi kelistrikan pada Distamben, tidak dianggarkan,” tutupnya.*sry


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER