Kanal

Tabrakan, Pebalap Formula 1 asal Indonesia Rio Haryanto

PELITARIAU.COM - Pebalap Formula 1 asal Indonesia, Rio Haryanto, harus mengalami insiden bertabrakan dengan pebalap asal Tim Haas, Roman Grosjean pada Sesi Latihan Bebas Ketiga, Sabtu, 19 Maret 2016, di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, Australia.

Dari video insiden tabrakan antara Grosjean dengan Rio yang diunggah di formula1.com, terlihat pebalap Tim Haas terlebih dahulu keluar dari pit stop sekian detik, baru menyusul Rio Haryanto.

Garasi kedua pebalap ini, saling bersebelahan, Rio sebelah kanan, sedangkan Grosjean sebelah kiri. Insiden ini terjadi saat pebalap Haas tersebut hendak keluar dari garasi untuk memulai latihan.

Grosjean sudah memasuki jalan hendak keluar garasi, sedangkan pebalap kebanggaan Indonesia yang tergabung dalam Tim Manor tersebut, baru hendak keluar dari halaman garasinya.

Tak pelak, bagian depan sebelah kanan mobil F1 Grosjean mencium bagian depan sebelah kiri mobil Rio. Walau bertabrakan, Rio tetap melanjutkan latihan, sedangkan Grosjean tertahan hingga 30 menit guna perbaikan mobil.

Dilansir dari laman kompas.com, Rio langsung meminta maaf kepada tim Manor Racing atas kejadian ini. Menurut Rio, tabrakan sulit dihindari. Sebab, ia kesulitan melihat apakah ada mobil lain di sisi kiri.

Insiden ini telah dilaporkan Race Director kepada Steward. Akibatnya, Rio akan menerima hukuman berupa mundur tiga grid dari posisi start awal pada kualifikasi, Sabtu. Selain itu, pebalap berusia 23 tahun ini bakal terkena penalti dua poin. Untuk videonya silakan

Pada sesi latihan kali ini, Rio melakukan 23 kali putaran dan menorehkan catatan waktu terbaik 1 menit 29,272 detik. Dia cuma terpaut 0,226 detik dari rekan setimnya, Pascal Wehrlein.

Serupa sesi latihan pertama dan kedua, catatan waktu terbaik kali ini masih dipegang oleh pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, dengan 1 menit 25,624 detik.**OC


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER