Kanal

Ini Yang Dilakukan Polisi Kelayang, Saat Melihat Warga Membakar Lahan

PELITARIAU, Rengat - Polisi sektor (Polsek) Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Riau, pada Sabtu (12/3/2016) berhasil mengamankan pelaku yang diduga membuka lahan perkebunan dengan cara membakar hutan. Pelaku ditahan polisi setelah tertangkap tangan dalam partoli rutin memantau Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Informasi yang di himpun pelitariau.com Minggu (13/3/2016) dari pihak kepolisian Polres Inhu menyebutkan, kalau pelaku yang diduga membuka lahan perkebunan dengan cara membakar tersebut terjadi di Desa Kuantan tenang Kecamatan Rakitkulim Kabupaten Inhu wilayah hukum Polsek Kelayang.

Kapolres Inhu Ajun Komisaris Besar Polisi Ari Wibowo SIK dikonfirmasi pelitariau.com membenarkan atas penahan pelaku Karhutla di Kecamatan Rakitkulim. "Iya, kita telah menahan pelaku yang diduga kuat sebagai pembakar lahan, lokasinya di desa talang tujuh buah tangga Kecamatan Rakitkulim," kata Kapolres.

Menurut polisi yang gemar olahraga sepeda kayuh ini, pelaku Karhutla yang ditahan berinisial HT (37) yang merupakan warga yang mengaku pemilik lahan yang dibakar tersebut. Dimana pelaku diamankan polisi Polsek Kelayang sekitar pukul 15 00 WIB disaat lahan sedang dilalap api yang diduga sengaja di bakar.

"Saat ini pelaku sudah diamankan di polsek kelayang, dan untungnya api dari lahan yang sengaja dibakar tersebut belum sempat menjalar ke lokasi lahan perkebunan perusahaan yang tidak jauh dari terjadinya Karhutla sebab, api cepat dipadamkan oleh polisi yang berpatroli dibantu masyarakat setempat," jelasnya.

Dijelaskannya juga, diketahuinya telah terjadi Karhutla oleh polisi setempat, karena disamping melakukan partoli rutin, polisi saat itu sedang melakukan pekerjaan pembuatan kolam-kolam kecil sumber air (Embung,red) di lokasi milik perusahaan perkebunan PT Sinar Reksa Kencana (PT SRK).

Dari ukur olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) diketahui luas lahan yang terbakar lebih kurang 1,5 haktare. "Selain pelaku, kita juga sudah mengamankan barang bukti dalam kejadian Karhutla ini," ucapnya.**sry.


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER