Kanal

12 Karung Pupuk SP-36 Ditangkap Ba Intel Dim 0303/Bkls Siak

PELITARIAU, Siak- Telah dilakukan penangkapan pupuk bersubsidi jenis SP 36 sebanyak 12 karung, pada hari kamis 10 maret 2016 pukul 10:00 wib. Penangkapan dilakukan oleh Serka Muhammad Nasir Ba Intel Dim 0303/Bkls yang akan disalurkan atau dijual kepada penadah yang bernama Yadi, warga Kampung Aceh Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak.

 

Disinyalir Pupuk jenis SP 36 tersebut akan digunakan untuk kebutuhan pemupukan lahan kebun sawit dan palawija di Dusun Kampumg Aceh Kampung Suak Merambai Bunga Raya.

 

Kepada wartawan mengungkapkan Serka Muhammad Nasir bersama Kepala Bagian (Kabag) Investasi dan Klarifikasi Tipikor GNPK Abd Razak AS, melakukan pengecekan ke gudang Ahmad Safari pemilik Kios Sinar Tani karena selama ini dicurigai menyalurkan Pupuk Subsidi tidak tepat sasaran.

 

"Pada pukul 10:30 mobil Pic Up BM 8539 SH dengan sopir An Jasno (22), warga Kampung Buantan Lestari Kecamatan Bungaraya, membawa sejumlah pupuk jenis SP 36 sebanyak 12 karung dengan berat isi perkarung 50 Kilo gram (Kg) ke arah Dusun Kampung Aceh, Kampung Suak Merambai Bungaraya, untuk digunakan sebagai pupuk sawit dan palawija ke lahan milik Yadi beralamat di Siak,"ungkapnya kemarin (11/03/2016).

 

Kronologis pengintaian dilakukan Pada pukul 11.00 Serka Muhammad Nasir mengikuti mobill tersebut hingga tiba di lahan milik Yadi dan dilakukan penangkapan terhadapat mobil dan pupuk bersubsidi, kemudian Serka Muhammad Nasir berkoordinasi dengan Pelda Nurdin Pjs Danramil Pwk Sabak Auh tentang penangkapan pupuk tersebut.

 

Pelda Nurdin, Serka Muhammad Nasir dan Serda Adam membawa mobil dan pupuk sebanyak 12 karung kembali ke gudang guna memastikan penyaluran pupuk sesuai dengan  Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) Tahun 2015. 

 

Ternyata hasil konfirmasi dengan Ka UPTD Pertanian dan Hultokultura Kecamatam Bungaraya H Suwanto bahwa tidak merekomendasikan penyaluran pupuk Bersubsidi Pertanian untuk wilayah Kampung Suak Merambai namun UPTD Kecamatan Bungaraya memberikan rekomendasi penyaluran pupuk untuk wilayah Kampung Buantan Lestari Kecamatan Bungaraya.

 

"Adapun beberapa pupuk bersubsidi yang masih berada digudang kios Sinar Tani sebagai berikut, jenis pupuk Urea Kosong, pupuk SP 36 sebanyak 300 sak. Tidak tertup kemungkinan pupuk Bersubsidi yang ada digudang akan disalah gunakan penyalurannya,"tambahnya.

 

"Saat ini mobil dan barang bukti pupuk sebanyak 12 karung untuk sementara diamankan di Rumah Babinsa Bungaraya Serka Syafri sambil menunggu petunjuk dari Komando Atas,"ringkas Serka seraya mejelaskan.***dni

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER