Kanal

Breaking News: Sumbar di Guncang Gempa, BMKG Sumbar Mencabut Bahaya Tsunami

PELITARIAU, Pekanbaru- Telah terjadi Gempa pada, Rabu (2/3/2016) malam, sekitar pukul 19.50 wib, di Kedalaman 10 Km di dasar laut, yang berlokasi di 682 Km Barat Daya Kepulauan Mentawai Sumatera Bara dengan kekuatan gempa 8,3 Skala richter.

menurut data yang di peroleh dari Bada Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Riau Stasiun Pekanbaru, guncangan Gempa ini berpotensi terjadinya Tsunami, Gempa ini dirasakan cukup kuat hingga ke Kota Padang.

Terkait ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sumbar semula mengeluarkan warning terhadap bahaya Tsunami yang bisa ditimbulkan oleh gempa tersebut, namun kini BMKG Sumbar telah mencabut warning bahaya Tsunami di 15 daerah di pesisir pulau Sumatra.

"BMKG Sumbar sudah mencabut bahaya Tsunami di 15 daerah di pesisir pulau Sumatra," ujar Sugarin Kepala BMKG Riau Stasiun Pekanbaru kepada pelitariau.com dalam pesan singkatnya.

Titik Gempa terjadi di Garis Tengah Samudera Hindia Untuk jarak dari titik gempa ke Kepulauan Mentawai 627, 85 KM Gempa terjadi tidak di posisi Zona Megatrusth, berdasarkan laporan dari petugas Pusdalops Sumbar kepada BMKG Riau, Sumber gempa merupakan dari sistem patahan Ninety East Ridges (NER) Samudera Hindia. 

"Berupa sistem sesar transform. Mirip gempa simeulue 11 April 2012, pada sistem patahan yg sama. Goncangan dirasakan di Padang III mmi (lemah). Laporan sementara aman," ungkap Sugarin.***osp

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER