Kanal

BPBD Riau Akan Panggil BMKG dan Pihak Terkait Karlahut

PELITARIAU, Pekanbaru- Untuk mencegah terjadinya kembali kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Provinsi Riau, pada Selasa, (1/3/2016) pagi ini, rencananya Tim Satgas Karlahut Riau akan melakukan rapat koordinasi guna membahas peningkatan status Siaga darurat pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

Dimana status ini sudah lebih dahulu ditingkatkan oleh dua Kabupaten di Provinsi Riau, yakni Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti pada, Senin (29/2/2016) kemarin. Dalam hal ini Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger saat ditemui pelitariau.com mengatakan bahwa akan mengumpulkan seluruh elemen terkait Siaga darurat pencegahan Karlahut, mulai dari BMKG dan pihak lainnya pada hari ini.

"Pemkab Bengkalis dan Kepulauan Meranti, secara resmi sudah meningkatkan status siaga darurat pencegahan Karlahut kemarin, jadi hari ini rencana kami akan melakukan rapat koordinasi guna membahas peningkatan status yang ditetapkan dua kabupaten itu," ujar Edwar.

Iapun mengatakan bahwa, peningkatan atau penetapan status ini dilakukan karena dalam sepekan belakangan ini, kedua kabupaten tersebut telah mengalami lonjakan titik panas (Hotspot) dan lonjakan kasus Karlahut di daerahnya. 

Penetapan ini juga akan mempermudah Pemerintaj Provinsi melalui BPBD untuk melakukan koordinasi dan pemberian bantuan terhadap daerah seperti logistik dan peralatan untuk pemadaman api.***osp

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER