Kanal

Polda Riau Akan Gelar Operasi simpatik pada 1 Hingga 21 Maret Mendatang

PELITARIAU, Pekanbaru- Sehubung tingginya angka kecelakaan lalulinta di Provinsi Riau, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau dan jajarannya akan menggelar Operasi Simpatik 2016 di tiap-tiap kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Operasi ini akan dilaksanakan selama tiga pekan kedepan, terhitung dari tanggal 1 Maret 2016 hingga 21 Maret 2016, untuk diketahui oleh masyarakat, operasi ini akan menyasar kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat. 

Saat dikonfirmasi pelitariau.com pada (29/2/2016) Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Riau AKBP Restika, mengatakan "Untuk Kota Pekanbaru operasi akan dilancarkan di Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) Jalan Sudirman Pekanbaru dimulai dari kawasan Pelita Pantai hingga ke Simpangtiga Jalan Kaharuddin Nasution sejauh 8 km," terangnya.

Lanjutnya, Mengapa dinamakan Operasi simpatik, karena sesuai Undang-Undang Lalu Lintas, harusnya pelanggar ditindak dengan tilang. Namun, pada masa Operasi Simpatik berlangsung, merupakan peneguran untuk beberapa pelanggaran.

Petugas juga akan menindak bagi pengguna kendaraan bermotor yang tidak ada kelengkapan Surat Izin Mengemudi (SIM), kemudian helm sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), kelengkapan spion, knalpot sesuai standar, ban standar dan sepeda motor atau mobil yang tidak sesuai aturan.

"Jika masa operasi sudah selesai, polisi akan melakukan penegakan hukum dan menilang kembali para pelanggar. Operasi simpati merupakan satu solusi untuk menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Kota Pekanbaru," tutupnya.***osp


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER