Kanal

Antisipasi Elnino Awal Tahun 2016, Riau Akan Impor Beras

PELITARIAU, Pekanbaru- BMKG Provinsi Riau memperkirakan bahwa pada awal tahun 2016 mendatang akan kembali terjadi musim kering (elnino), dimana Provinsi Riau Akan kembali mengalami kekeringan yang sangat panjang, diperkirakan hingga Oktober 2016 mendatang.
 
"Pada bulan Januari-februari tren di kita memang masuk pada musim kemarau, karena di bulan itu angin bergerak dari arah timur laut ke barat daya," ungkap Sugarin saat di hubungi pelitariau.com, Selasa (29/12).
 
Hal ini membuat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Riau mulai bersiap untuk antisipasi kekeringan di Provinsi karena elnino yang melanda wilayah Riau, ini telah dikatakan oleh BMKG Stasiun Pekanbar Jika kemarau panjang, maka Disperindag juga harus memikirkan ketahanan pangan.
 
"Riau pun tidak menutup kemungkinan akan kembali mengimpor beras untuk ketahanan pangan," ungkap Firdaus kepada pelitariau.com, Selasa (29/12).
 
Saat kemarau panjang, Firdaus mengkhawatirkan banyak sawah yang kering dan akan berimbas pula pada perkebunan yang merupakan sektor pangan, hal ini yang mendorong Disperindag untuk lakukan Impor, sesuai kondisi iklim dan kesediaan pangan yang ada di Riau. 
 
Namun ungkap Firdaus, hingga akhir tahun 2015 ini, ketersediaan pangan dan sembako di Riau masih mencukupi dan tidak ada masalah, baik itu meliputi stok dan harga.***osp
 

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER