Kanal

Aneh...Puluhan Ribu Ikan Mati di Pantai Ancol

PELITARIAU, Jakarta — Kepala Subdit Penegakan Hukum Dit Pol Air Polda Metro Jaya Komisaris Edi Guritno mendapat laporan dari warga terkait keanehan air laut di dekat Pantai Ancol sebelum banyak ikan mati dan terdampar di kawasan wisata tersebut.

"Kata orang-orang di sini (Ancol), lautnya ada dua bagian. Ada yang coklat dan bening biasa," kata Edi di Jakarta, Senin (30/11/2015).

Keanehan air laut tersebut dirasakan warga di sekitaran Ancol dari tiga hari lalu. Namun, saat itu, tak ada tanda-tanda terkait fenomena puluhan ribu ikan mati tersebut.

"Perbedaannya kontras. Biasanya warnanya kan bening. Nah, ini kayak ada garis pemisahnya," kata Edi.

Namun, Edi enggan berspekulasi lebih jauh terkait fenomena yang dilaporkan warga. Ia menyebut akan membawa sampel dari ikan dan air laut ke Laboratorium Perikanan DKI Jakarta.

Sebelumnya, puluhan ribu ikan terdampar di sepanjang Pantai Ancol, Jakarta Utara, Senin (30/11/2015). Ikan tersebut mati dan menyebabkan bau amis menyengat.

Polisi menyelidiki mengenai dugaan puluhan ribu ikan mati dan terdampar di Pantai Ancol. Dugaan sementara, ikan tersebut tercemar limbah.

"Bisa juga sudah lama enggak hujan. Limbah di sungai enggak ngalir terus ke laut," kata Kasubdit Gakkum Dit Pol Air Polda Metro Jaya Komisaris Edi Guritno kepada Kompas.com di Jakarta.

Namun, Edi enggan berspekulasi lebih jauh. Saat ini, polisi bersama Pemprov DKI Jakarta tengah melakukan penyelidikan penyebab kematian puluhan ribu ikan tersebut.

Edi melanjutkan, pihaknya sudah mengambil sampel ikan dan air. Setelah itu akan dikirim ke laboratorium untuk diteliti lebih jauh.

"Kita sudah ambil sampel ikan dan air. Kita kirim ke lab perikanan DKI," tegas Edi.

Sebelumnya, warga menemukan ikan-ikan mati dan terdampar di bibir Pantai Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

"Kalau terdampar di sini, pastinya gara-gara terbawa ombak. Kalau soal ikan-ikan ini mati, saya enggak tahu deh kenapa penyebabnya. Masalahnya, ada ikan ini, pantainya jadi bau amis ikan," kata Ruslianto (35), yang tengah berkunjung di Pantai Ancol.

Warga di kawasan Pademangan Timur itu mengatakan, dirinya baru melihat ikan-ikan tersebut sejak pukul 12.00 WIB. Ia pun mengakui belum ada petugas terkait yang menangani ikan-ikan mati tersebut.

"Sejak siang bolong tadi saya lihatnya, sekitar pukul 12.00-lah. Dari tadi juga belum ada yang angkut. Ini saya mau pindah karena enggak nikmat aja. Bau amis soalnya," tuturnya, yang saat itu tengah bersama istri dan dua anaknya.


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER