Kanal

BPBD Rohul Siap Hadapi Musim Penghujan

PELITARIAU, Pasirpangaraian- Bencana kekeringan disertai bencana kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) hingga menyebabkan kabut asap bisa dikatakan sudah berakhir. Namun demikian, semakin tingginya curah hujan, ancaman bencana banjir pun datang.

Mengantisipasi bencana banjir yang datang tidak terduga atau tiba-tiba, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan Penyusunan Rencana Kontijensi dan Gladi Penanggulangan Bencana Banjir di Water Front City Pasirpangaraian, Sabtu (7/11/15).

"Asap sudah selesai. Dan selesai kemarau biasanya akan datang banjir. Kita sebagai instansi pemerintah hari ini melakukan persiapan diri dulu. Sehingga saat terjadi bencana banjir kita siap," ujar Kepala Pelaksana BPBD Rohul Aceng Herdiana di sela kegiatannya, seperti dilansir riautekini.

Menurut dirinya, dari pelatihan sehari tersebut, personel BPBD Rohul akan tahu apa saja yang harus mereka kerjakan saat bencana banjir datang, seperti petugas evakuasi korban dan membantu evakuasi harta benda korban ke tempat aman, dan petugas di dapur umum.

"Dari kegiatan ini, semua anggota diberi pembekalan. Dan ketika banjir datang mereka tau apa yang akan dikerjakan," jelas Aceng dan menerangkan ada sekira 70 personel BPBD yang mengikuti pelatihan tersebut.

Aceng menambahkan dalam pelatihan dan pembekalan sehari itu, personel BPBD Rohul diberi pembekalan water rescue, memasak, evakuasi dan penyelematan korban, penyelamatan harta benda korban.

"Sehingga saat terjadi bencana banjir, risikonya kecil di masyarakat. Tujuannya untuk membantu masyarakat nanti," pungkas Aceng dan mengimbau masyarakat bermukim di Daerah Aliran Sungai untuk waspada terhadap bencana banjir yang datangnya tiba-tiba. Karena saat ini curah hujan cukup tinggi.(cr-ram)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER