Kanal

Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas dan Menekan Korban Lakalantas

PELITARIAU, Selatpanjang- Demi meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan berlalu lintas itu, Polres Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Operasi Zebra Siak 2015.

Pelaksanaan diawali dengan gelar pasukan yang berlokasi di Mapolres Kabupaten Meranti serta dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSI, pada Rabu (21/10).

Tampak Hadir dalam gelar pasukan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kepulauan Meranti H Iqaruddin, Wakil Ketua DPRD Muzamil, Kajari Selatpanjang, Kepala Kantor Imigrasi, Kepala KSOP, Kadis Pemadam Kebakaran dan Personil Gabungan dari BKO Brimob Polda Riau, Dishub, Pemadam Kebakaran dan lainnya.

Apel gelar pasukan ditandai dengan pemasangan pita operasi Zebra 2015 kepada perwakilan Anggota Satuan Lalulintas (Satlantas) dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam pidato Kapolda Riau yang dibacakan oleh Kapolres AKBP Pandra mengatakan, operasi Zebra Siak 2015 untuk menciptakan kelancaran lalu lintas yang sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang menunjang pembangunan Nasional.

Dari catatan Kepolisian Polda Riau, jumlah kasus Lakalantas sejak Januari 2015 berjumlah 1064 kasus, dimana 456 orang meninggal dan 793 luka berat, sementara kerugian material mencapai 4.5 M. Dari jumlah tersebut dapat dirata-ratakan terdapat 4 Lakalantas Perhari dengan jumlah korban jiwa 2 orang.

Guna mengantisipasi hal itu perlu dilaksanakan berbagai upaya untuk mencibtakan situasi Kamseltibcar Lantas dengan memberdayakan seluruh Stakeholders dalam mengambil langkah komprehensi menuntaskan permasalahan lalu lintas.

"Kita akan melaksanakan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas dengan tegas namun tetap simpatik dan selektif dengan bersikap senyum, sapa dan salam," ujar Kapolres.

Selain itu juga melaksanakan penindakan pada titik ruas penggal jalan tertentu (Troublespot dan Balckspot) secara konsisten, publikasi dan sosialisasi melalui kampanye keselamatan berlalu lintas dengan slogan "Bersatu Keselamatan Nomor Satu".

Diharapkan dengan digelarnya Operasi Siak 2015 dapat meningkatkan Disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.***wr


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER