Kanal

Sejumlah Aktivis Deklarasikan Gerakan Riau Melawan Asap

PELITARIAU, Pekanbaru- Pada Senin (12/10) sore sejumlah Aktivis, Seniman dan PWI serta Para awak media berkumpul di kediaman Prof. Tabrani RAB dijalan Patimura Pekanbaru, guna mendeklarasikan Gerakan Riau Melawan Asap.

Pada kesempatan ini tampak hadir sebagai inisiator gerakan ini, dr Susiana Tabrani Mpd, Muhammad Fadri, AR, dr Arisman Adnan MSc, Ir Feizal Karim MSc, Dr Eno Suwarno, Drg Aznan dan tampak pula koordinator Gerakan, dr Feri Utomo M Biomed dan sebagai juru bicara Andree MA.

Dalam deklarasi ini turut andil para seniman puisi dan syair Riau untuk membacakan bait-bait puisi tentang asap, seperti Ketua PWI Deni Kurnia dan Fahrunnas MA Jabbar serta yang lainnya juga, menyuarakan untuk Melawan dengan bentuk puisi yang mereka ciptakan.

Deklarasi ini ada poin-poin penting yang mereka suarakan untuk mendesak Pemerintah guna menuntaskan permasalahan asap yang rutin terjadi di Riau tiap tahunnya, ada sembilan poin penting yang di deklarasikan di forum ini untuk mendapatkan perhatian Pemerintah dalam masalah menuntaskan bencana yang telah menahun ini.

Diantaranya ialah, bencana asap di Riau adalah sebuah bencana rutin, menahun, artifisal, non konvensional dan sangat sulit untuk dimitigasi, bencana ini bukanlah "disaster" dalam pengertian konvensional, yakni diakibatkan oleh proses alam, tetapi merupakan suatu proses artifisal sebagai akibat dari proses perbuatan manusia, baik perorangan, maupun perkumpulan dan korporasi yang harusnya bisa di cegah, di tangkal, dan di atasi.

Gerakan 'Riau Melawan Asap' di deklarasikan sebagai gerakan non-partisan dan non politis, seluruh tokoh yang tergabung dalam gerakan ini telah mengikhlaskan diri dan berniat baik untuk tidak memanfaatkan gerakan untuk kepentingan perseorangan maupun kelompok.***osp


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER