Kanal

Pj Bupati Meranti Kunjungi BPPT Terkait Proses Pengolahan Air Bersih

PELITARIAU, Jakarta - Dalam kunjungan Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Meranti Edy Kusdarwanto ke Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) Serpong, Banten,  pada Selasa (29/9) kemarin, disambut baik  pihak BPPT setempat.

Tidak hanya itu saja, Melalui peneliti kimia dan lingkungan BPPT Geostech Dr Nusa Idaman Said M Eng, Pj Bupati Kepulauan Meranti  mendapat pengarahan tentang penyediaan air bersih, serta diperkenalkan sejumlah teknologi pemrosesan air bersih yang dikembangkan pihaknya.

“Kita memiliki berbagai teknologi sederhana dalam pemrosesan air bersih seperti teknologi membran. Beberapa daerah berpulau sudah kita terapkan dan hasilnya cukup bagus,” ujar Nusa.

Dalam kesempatan itu Nusa menunjukkan sejumlah teknologi pemrosesan air bersih yang dikembangkan BPPT. Mulai teknologi sederhana menggunakan kapur dan kaporit, teknologi penjernihan air menggunakan membrane yang dibantu sepeda, sampai teknologi filterasi membran dan kimiawi yang mampu memproses air asin menjadi air tawar siap minum.

“Kalau airnya masih tawar namun warnanya saja tidak jernih, teknologinya murah karena prosesnya tidak sulit. Dengan teknologi mengunakan dayung sepeda ini saja sudah bisa. Namun kalau sudah mengolah air asin itu teknologinya yang agak mahal,” tambah Nusa sembari menunjukkan sejumlah teknologi yang dimiliki BPPT.

Untuk kondisi Meranti yang berpulau, Nusa menyarankan agar digunakan teknologi membran sederhana yang mengolah air gambut menjadi air bersih. Menurutnya, penggunaan teknologi tersebut bisa diajarkan pada masyarakat sehingga nantinya masyarakat bisa mengelola sendiri.

Dia menyebutkan, dengan pengelolaan mandiri oleh masyarakat itu, stasiun pengolahan air bersih di beberapa daerah pulau yang dibina BPPT sudah berjalan dengan baik. “Pemerintah daerah cukup menyediakan peralatan awal dan bersama kita memberikan pendampingan minimal setahun kepada masyarakat," jelasnya.

"Teknologinya sangat mudah, nanti setelah kita latih masyarakat akan bisa menjalankan dan merawatnya sendiri seperti dalam mengganti membran filter air ini,” jelas Nusa sembari menunjukkan peralatan membran air.***wr
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER