Kanal

Plt Gubri Adakan Rakor Penanganan Kabut Asap Karlahut

PELITARIAU, Pekanbaru- Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rahman mengadakan Rapat koordinasi (Rakor) penanganan asap akibat  kebakaran lahan dan hutan bersama Walikota  serta Bupati se-Provinsi Riau, Jumat (18/9) di Gedung daerah Pekanbaru.

Plt Gubri mengungkapkan tentang kinerja dan memberikan data - data sejak 2014 hingga 2015 tentang penanggulangan dan pencegahan Karthula yang sudah dilakukan oleh Team satgas.

"Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan dua unit helikopter dan pesawat Cesna serta dari Angkutan Udara (AU) mengirim pasukan dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU  untuk memadamkan Karthula saat ini. pada tahun 2015, lahan dan hutan. Maka dari itu, kita sangat terbantu yang diberikan oleh Pemerintah pusat," katanya.

Dijelaskannya, agar tidak ada terjadi kesalahpahaman antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat, terkait penanggulangan asap yg tidak kunjung usai, masyarakat yang ingin melihat langsung dan menginginkan informasi dari kinerja satgas pengagulangan bencana asapa, bisa langsung datang ke posko karlahut di Lanud Roesmin Nurjadin pekanbaru agar dapat memahami bagaimana kinerja satgas dalam upaya memadamkan api dan asap selama ini.

Kapolda Riau, Brigjen Dolly Bambang Hermawan dalam Rakor Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan juga memaparkan hasil kinerjanya selama bencana asap ini, Polda Riau tergabung di dalam satgas penaggulangan hukum, yang di dalamnya juga Polda Riau dan Kejaksaan agung (Kejagung).

"Kami kemarin telah melakukan penangkapam terhadap Direktur dari perusahan yang melakukan pembakaran hutan, kemudian sesuai yg disampaikan oleh Plt Gubri tadi, bahwa di daerah kita sudah terjadi penurunan yg signifikan terkait kebakaran ini, namun dalam hal ini yang penting membangun diri dan sikap masyarakat yang melakukan pembakaran, karena pelaku pembakarna di Riau sebagian besar dari ulah manusia itu sendiri," jelasnya.

Selain itu, lanjut kapolda, sudah ada 47 tersangka yg sudah di tangani Polda Riau, diantaranya 42 yang sudah di periksa dan yang dinyatakan P21 sudah 22 yang siap di sidangkan.

Rakor penanganan asap akibat kebakaran lahan dan hutan di hadiri Danlanud Roesmin Nurjadin, Danrem 031/Wirabima, Kejaksaan tinggi Riau, Ketua DPRD Riau dan beberapa Walikota dan Bupati se Riau**Oka/Rd


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER