Kanal

Darurat Kabut Asap, 1.250 Prajurit TNI Mabes Lakukan BOK di Riau

PELITARIAU, Pekanbaru- Sebanyak 1.250 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari berbagai kesatuan di Markas besar (Mabes) TNI dikirim ke Provinsi Riau. kedatangan pasukan ini untuk melakukan Bantuan Oprasi Kendali (BOK) bencana kabut asap Riau.
 
Melalui Mabes TNI kemarin, telah di pilih sebanyak 1.250 personil TNI yang akan di kirim ke Riau, pengiriman pasukan dilakukan dengan cara bertahap. Selasa siang (15/9) telah mendarat pasukan TNI dengan jumlah pasukan Setingkat Batalyon (SSY) atau kurang lebih 350 Prajurit. 
 
Pasukan TNI pertama yang tiba di Riau menggunakan pesawat angkut militer Hercules mendarat sekitar pukul 12.00 WIB di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Personil terdiri dari kesatuan Marinir, Paskhas dan Kostrad dari Batalyon Brigif 13 Tasikmalaya Jawa Barat.
 
"Jumlah personil yang hari ini datang sesuai dengan kebutuhan dengan Total semua tentara yang dikerahkan ke Riau sebanyak 1.250 prajurit. Hari ini baru satu SSY, atau sejumlah satuan setingkat batalyon," kata Danrem 031 Wira Bima yang juga Dansatgas Siaga Darurat Karhutla, Brigjen TNI Nurendi kepada pelitariau.com saat menyambut kedatangan prajurit, Selasa siang kemarin (15/9).
 
Kehadiran pasukan tersebut juga disambut Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Henri Alfiandi, serta stake holder yang tergabung dalam Tim Satgas Darurat Asap tersebut. "Pembagian sudah kita rencanakan dan sudah di siapkan sektor-sektor yang akan di kirim ke berbagai wilayah di Riau sepert Kab. Inhu. Kab. Pelalawan, dan Kab. Kampar," ujar Nurendi.
 
Para tentara Mabes ini bertugas selama dua minggu di Riau. Mereka akan ditempatkan di beberapa daerah di Riau. "Harapan kita tentu dengan pengerahan tentara ke Riau, akan lebih memudahkan lagi proses pemadaman api wilayah di Riau," harapnya.**oka/hf

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER