Kanal

Sebanyak 18.305 Warga Meranti Terserang ISPA

PELITARIAU, Meranti - Sampai saat ini wilayah yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti telah ditutupi Kabut asap tebal akibat Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ada disejumlah wilayah.

Tak hanya menutupi di sejumlah wilayah, Kabut asap juga membuat sebagian besar masyarakat Meranti menjadi menderita  Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat asap kebakaran.

Hal itu terbukti dari data laporan oleh Dinas Kesehatan yang diambil dari seluruh Puskesmas yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti.  Masyarakat yang menderita ISPA disebabkan Asap akibat Karhutla mencapai 18.305 penderita, sedangkan jumlah itu didapat dari  semester 1 dan 2 pada tahun ini.

Dari Perincian laporan kumulatif tersebut, selama semester pertama tahun 2015 untuk semua umur selama enam bulan dari bulan Januari sampai bulan Juli 2015 mencapai 15.695 kasus, sedangkan dari Agustus hingga 11 September 2015, terdapat sebanyak 2.610 warga yang menderita ISPA.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti, Dr Irwan Suwandi,  pada Senin (14/9) mengatakan kalau dalam hal ini, lingkungan makin diperparah dengan adanya kabut asap. maka dari itu, ia juga menghimbau agar seluruh masyarakat khususnya anak-anak agar mengurangi aktifitas diluar rumah.

"Kalaupun emang terpaksa keluar rumah, hendaknya menggunakan masker, karena sedikit banyak masker akan menyaring udara yang masuk melalui hidung, dan supaya perbanyak untuk mengkonsumsi air putih saat cuaca seperti ini," terangnya.***wr
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER