Kanal

Minyak Goreng Mahal di Daerah Kaya Sawit, Progresif Riau Jual Murah Lewat Aksi 'Tebus Murah

PELITARIAU , Pekanbaru - Aksi 'Tebus Murah' bahan kebutuhan pokok kembali digelar Relawan 03 Ganjar-Mahfud yang tergabung dalam Program Gotong Royong untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (Progresif) Wilayah Riau.

Kali ini 300 paket sembako berisikan gula dan minyak goreng yang dijual dengan harga sangat murah, menyasar ke kelompok warga di dua titik permukiman warga dan satu titik di kawasan pertigaan jalan padat penduduk.

"Aksi Tebus Murah yang kami laksanakan kemarin (Senin 15/1/2024) adalah yang ketiga kalinya kami lakukan sebagai bentuk kepedulian Relawan Progresif atas situasi ekonomi yang belum cukup kondusif," kata Deputi Progresif Wilayah Riau, Fazar Muhardi, Selasa (16/1/2024).

Fazar menjelaskan, sembako berupa gula pasir dan minyak goreng tersebut sebelumnya dibeli dari sejumlah pedagang yang berada di Pasar Sail, Pekanbaru lewat Program 'Aksi Pasar'.

"Lokasi itu merupakan titik ketiga setelah sebelumnya kami juga melaksana kegiatan serupa di Pasar Pagi Arengka dan Pasar Pusat Pekanbaru," katanya.

Dia menjelaskan, setelah tiga kali melaksanakan giat 'Aksi Pasar', harga sembako terutama minyak goreng dan gula pasir masih sangat tinggi.

Minyak goreng kemasan biasa kata Fazar, masih dijual dengan harga Rp16.000 per liter, sementara gula pasir harganya tembus Rp17.000 per kilogram.

"Harga tersebut masih sangat mahal karena normalnya harga minyak goreng per liter Rp12.000 hingga Rp13.000, sementara gula pasir normalnya Rp13.000 sampai Rp14.000," katanya.

Dia katakan, sangat disayangkan, minyak goreng mahal di daerah penghasil sawit terbesar di Indonesia.

Relawan Progresif, demikian Fazar, menaruh perhatian yang serius atas persoalan mahalnya sembako di pasaran sehingga dilaksanakan program 'Tebus Murah' untuk mengurangi beban rakyat.

Kebutuhan pokok menurut Fazar adalah kebutuhan mendasar bagi masyarakat yang harus terpenuhi setiap hari, dan ketika harga sembako melambung, beban ekonomi mereka menjadi berat karena tidak diimbangi dengan gaji atau pendapatan.

"Progresif mencoba untuk mengurangi sedikit beban hidup rakyat, tentu juga tetap mengenalkan program-program Paslon Capres-Cawapres 03 Ganjar-Mahfud ke masyarakat," katanya.

Fazar menjelaskan, masyarakat menyambut antusias Program 'Aksi Pasar' dan 'Tebus Murah' yang dilaksanakan Relawan Progresif.

"Kami merasa sangat terbantu dengan program ini, terimakasih. Semoga kalau bisa tiap hari dilakukan, setidaknya beban hidup kami bekurang," kata Yurmawati, ibu rumah tangga warga Perumahan Depsos, Pekanbaru.

Sambutan hangat juga terjadi di titik kedua 'Aksi Pasar' Progresif, tepatnya di Kawasan Perumahan BukitMas.

Kalangan masyarakat yang didominasi ibu rumah tangga 'menyerbu' stand 'Tebus Murah' Progresif.

"Program Pak Ganjar ya, kalau bisa ini sering dibuat, kami senang dan terbantu," kata Dewi, ibu rumah tangga.

Sementara itu di lokasi Jalan Bukit Barisan, Relawan Progresif membentangkan spanduk bertuliskan 'Tebus Murah' tepat di pinggir jalan.

Aksi 'Tebus Murah' itu menyedot perhatian para pengendara yang melintas sore itu, mereka kemudian bergantian untuk membeli paket sembako yang telah didiskon sebesar 40 persen.

"Satu paket sembako berisikan satu kilo gula pasir dan satu liter minyak goreng. Normalnya seharga Rp34.000, namun kami menjualnya hanya Rp20.000," demikian Deputi Progresif Wilayah Riau, Fazar.

Aksi Pasar

Sebelumnya Relawan Progresif juga menggelar 'Aksi Pasar' di Pasar Sail yang berada di Jalan Hangtuah.

"Ini adalah Aksi Pasar ketiga yang kami laksanakan untuk menjaring aspirasi masyarakat khususnya para pedagang kecil," kata Sekretaris Progresif Riau, Kholis Romli saat berada di Pasar Sail Pekanbaru, Senin (15/1/2024).

Pada Aksi Pasar kali ini, Sekwil Riau didampingi Deputi Direktur Progresif Wilayah Riau, Fazar Muhardi serta sejumlah anggota lainnya, Usama Khan, Gatot Budi Utama, Nayla, Jalita dan beberapa dari unsur relawan Gabungan Penggerak Pemenangan Ganjar-Mahfud (GPPGM) Riau.

"Sambutan pengunjung dan pedagang sangat antusias, mereka telah mengenal dengan baik Paslon 03 Ganjar-Mahfud," kata Kholis.

Seorang pedagang barang harian di Pasar Sail, Jusman, mengungkap keluhan harga-harga sejumlah bahan kebutuhan pokok yang masih cukup tinggi, namun beberapa komoditi telah kembali normal usai parayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Kalau minyak goreng, gula sama beras harganya masih sangat tinggi. Tapi untuk cabai, bawang dan sayuran sekarang harganya sudah normal," katanya.

Dewi, pengunjung pasar, mengharapkan pemerintahan kedepan dapat terus menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

"Kalau saya sih nomor 3, Pak Ganjar dan Pak Mahfud. Nanti kalau terpilih jangan lupa menjalankan program satu keluarga miskin satu sarjana, ini sangat kami harapkan," katanya.

Dikesempatan sama, Kholis juga berbincang dengan Wismar, seorang pedagang Pasar Sail yang mengaku sangat mengidolakan Capres Ganjar Pranowo dan Wapres Mahfud MD.

"Kalau orang yang sadar, pasti pilih Ganjar-Mahfud. Ini pasangan yang lengkap, menguasai pemerintahan dan menguasai masalah hukum," kata Wismar.

Wismar menjelaskan, dirinya telah mencari tahu profile semua calon presiden dan calon wakil presiden, dan hasilnya pasangan 03 merupakan yang terbaik.

"Hanya orang yang gak sadar yang tidak memilih Ganjar-Mahfud. Mungkin mereka tidak mendapat informasi yang lengkap tentang siapa Ganjar dan siapa Mahfud. Kalau saya sudah jelas, gak ada yang lain selain nomor 3," katanya. **Prc6 (rls)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER