Kanal

Tahukan Anda? 11 Hantu Menyeramkan Di Indonesia

Di Indonesia sudah menjadi hal umum dengan nama hantu. banyak ragam hantu yang dikenal di Indonesia. Berbagai hantu ini muncul seiring dengan mitos atau tragedi yang ada dan dialami mereka yang konon melihat sosok yang mengerikan. Namun perlu kembali ingatkan bahwa dalam Islam semua jenis hantu itu sebenarnya jin atau setan yang berniat untuk menggoda dan menghancurkan iman kita. Berikut ini adalah 11 Hantu Paling Seram Di Indonesia versi Live Berita yang dilansir Liveberita pada 5 Maret kemarin.

Inilah 11 Hantu Paling Seram Di Indonesia
1. Pertama, Suster Ngesot

Asal usul Suster Ngesot Tidak ada yang bisa memastikan sejarahnya Suster Ngesot. Hanya saja beberapa kabar yang didapat dari mulut ke mulut yang kemudian diyakini sebagai sejarah munculnya Suster Ngesot. Hantu Suster Ngesot diketahui muncul pertama kali di RSU Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Karena di tempat inilah terakhir kali suster ngesot diyakini dalam keadaan hidup kemudian meninggal dengan tak wajar. Ceritanya, seorang gadis suster yang melakukan pekerjaan malamnya di RS berakhir tragis karena diperkosa dan dibunuh oleh dokter disana
 
 
 
 
2. Hantu Kuntilanak
Kuntilanak dideskripsikan dalam bentuk “wanita cantik” tapi mungkin sebagian ada yang mendapati dengan wajah yang sangat menyeramkan. Kuntilanak konon senang meneror warga desa untuk menuntut balas. Kuntilanak saat muncul selalu di iringi harum bunga kamboja. Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat “bersemayam”.

Konon laki laki yang tidak berhati-hati dapat dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak juga dipercaya sering mencuri bayi dan memukau wanita hamil. Makannya jika masih gencar mengenai kuntilanak di desa, wanita hamil atau bayi adalah mereka yang paling diprioritaskan keamanannya.
 
3. Hantu Sundel Bolong

Sundel bolong dalam mitologi hantu Indonesia dideskripsikan dengan wanita berambut panjang dan bergaun warna putih dan terdapat bentukan bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ organ tubuh bagian perut terlihat. Mitos yang beredar, hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Seringali sundel bolong juga dipercaya suka mencuro bayi yang baru saja dilahirkan.
 
 

4. Hantu Pocong

Kepercayaan akan adanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia. Penggambaran pocong berbagai macam versi. Dikatakan pocong memiliki wajah berwarnah hijau dengan mata yang kosong. Deskripsi lain menyatakan bahwa pocong berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat.

Banyak yang berpendapat bahwa pocong adalah bentuk protes dari mayat yang lupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup. Walaupun pocong dalam film sering digambarkan bergerak melompat-lompat, mitos tentang pocong malah mengatakan pocong bergerak terbang melayang. Walaupun penggambarannya mengikuti tradisi pemakaman Islam, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui adanya hantu ini.

5. Hantu Genderuwo

Genderuwo merupakan semacam jin atau makhluk halus yang berwujud manusia mirip kera yang bertubuh besar dengan warna kulit hitam kemerahan dan kehijauan, tubuhnya ditumbuhi bulu lebat di sekujur tubuh. Genderuwo terutama dikenal dalam masyarakat di Pulau Jawa

Tempat tinggalnya adalah batu berair, bangunan tua, pohon besar teduh atau sudut-sudut yang lembab sepi dan gelap. Sumber makhluk ini dipercaya berada di “Hutan Jati Donoloyo” di sebelah timur Wonogiri, dan di wilayah Lemah Putih, Purwosari, Girimulyo. Disana ibarat sebuah markas atau tempat dimana makhluk sejenisnya berada disana.
 
 
 
 

 
6. Hantu Leak

Leak adalah penyihir jahat. begitu disebutkan dalam mitos bali. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari Leak terlihat seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di pemakaman untuk mencari organ dalam tubuh manusia yang telah dikubur untuk digunakannya membuat ramuan sihir. Ramuan sihir ini bisa mengubah bentuk leak menjadi binatang babi, harimau, kera, bahkan menjadi seperti Rangda. Pada kasus tertentu Leak juga bisa mengambil organ dari orang hidup.

 
 
 
 
 
 
 
 
7. Hantu Rangda

Rangda merupakan ratu dari para leak dalam mitos Bali. Makhluk yang mengerikan ini dipercaya sering menculik dan memakan anak kecil, selain itu juga memimpin pasukan penyihir jahat melawan Barong, Baarong ialah simbol kekuatan baik. Dikisahkan bahwa kemungkinan besar Rangda berasal dari ratu Manendradatta yang pernah hidup di pulau Jawa pada abad 11 silam. Ratu ini diasingkan oleh raja Dharmodayana karena diyakini melakukan sihir terhadap permaisuri kedua raja Dharmodayana.

 
 
 
 
 
 
 
 
8. Hantu Kuyang

Kuyang adalah siluman berbentuk kepala manusia hanya dengan organ dalam tubuh, ia dapat terbang untuk mencari darah bayi. Kuyang dikenal masyarakat di Kalimantan. Kuyang berasal dariseorang wanita yang menuntut ilmu hitam demi mendapatkan kehidupan yang kekal. Pada siang hari, kuyang dapat menjalani kehidupan seperti biasa, tetapi ia mengenakan jubah.

Pada malam hari kuyang akan terbang berkeliaran demi mencari darah bayi atau darah dari ibu melahirkan sebagai syarat menambah ilmunya. Untuk menghadapi Kuyang, korban butuh benda berupa sapu ijuk atau memukul perabot rumah tangga seperti panci atau wajan dan sebagainya, mungkin yang berbunyi nyaring.

 
 
 
 
9. Hantu Palasik

Palasik berdasarkan mitos, legenda atau keyakinan penduduk Minangkabau merupakan semacam makhluk gaib yang sifatnya turun temurun kepada anaknya. Menurut keyakinan Minangkabau Palasik bukanlah hantu, melainkan manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Palasik sangat merupakan yang paling dihindari oleh ibu di Minangkabau yang memiliki anak kecil, sebab makanan palasik ialah balita, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah mati dimakamkan, tergantung dari jenis palasik tersebut.

10. Hantu Orang Bunian

Orang Bunian adalah sejenis makhluk gaib yang dikenal di wilayah Minangkabau. Bentuknya menyerupai manusia. Istilah orang bunian juga sempat dikaitkan dengan istilah sebangsa makhluk halus yang tinggal di hutan rimba, bukit dan pemakaman. Seringnya bila hari menjelang maghrib, di perbukitan akan tercium sebuah aroma mirip bau kentang goreng yang sering dikenal dengan sebutan masakan dewa (orang bunian) atau samba.

 
 
 
 
11. Jin

Jin merupakan makhluk halus yang familiar di kalangan masyarakat Indonesia, Jin ada yang memiliki aliran baik dan ada yang beraliran buruk. Jin yang baik juga Sholat, bahkan lebih taat daripada manusia. Dan jika jin jenis ini dibacakan ayat Al-Qur'an tidak akan terasa panas, bahkan bacaan mereka lebih fasih daripada manusia pada umumnya.

Dari daftar 10 Hantu tersebut, kami juga memiliki 7 Hantu Paling Menyeramkan di Dunia. Dengan adanya pengetahuan jenis hantu ini, maka diharapkan dapat menambah wawasan dan serta merta tanpa harus mengurangi iman kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena tidak perlu ada yang ditakutkan dari segala ciptaanNya, termasuk hantu yang paling seram sekalipun.***Red/Rep01

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER