Kanal

Bupati Inhu Panen Padi Gogo di Desa Kepayang Sari

PELITARIAU, Rengat - Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto SE melaksanakan panen raya padi gogo di areal seluas 528 ha milik kelompok tani Desa Kepayang Sari, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Minggu (22/2). Panen raya padi gogo ini merupakan salah satu upaya mewujudkan swasembada padi di Kabupaten Inhu.

Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Inhu Miswanto SE, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Edison S Sinabutar, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Camat, Kepala Desa se Kecamatan Batang Cenaku, tokoh masyarakat serta undangan.

Camat Batang Cenaku Afran Ridwan SST mengucapkan selamat datang dan mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan rombongan yang telah bersedia hadir dalam kegiatan panen raya padi gogo tersebut. Camat juga mengungkapkan bahwa Kecamatan Batang Cenaku merupakan lahan yang baik untuk pengembangan pertanian padi gogo, sehingga kedepan diharapkan perhatian pemerintah semakin meningkat melalui bantuan bibit serta sarana dan prasarananya.
 
Kemudian Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Inhu Rahmat SP MSi selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa panen raya padi gogo ini merupakan salah satu rencana kerja Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Inhu tahun 2015 sehingga diharapkan mampu meningkatkan produktifitas dan produksi padi di Kabupaten Inhu.

“Areal panen raya padi ini memiliki luas kurang lebih 528 Ha terdiri dari 8 kelompok tani dengan 360 anggota tani dengan rata-rata jumlah panen 3,6 ton per hektare. Kita berharap semoga kedepan produksi padi di Kecamatan Batang Cenaku terus meningkat, sehingga tercipta Kabupaten Inhu swasembada padi,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam pengarahannya, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyampaikan bahwa komoditas padi mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam membangun perekonomian daerah, untuk itu perlu terus diupayakan pengembanganya, karena telah berperan sebagai penyedia pangan untuk ketahanan pangan daerah, penyediaan lapangan kerja dan sumber pendapatan masyarakat demi menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kecamatan Batang Cenaku  merupakan salah satu Kecamatan yang sangat potensial untuk pengembangan tanaman pangan terutama padi gogo. Selanjutnya beliau mengingatkan kembali dalam mengupayakan peningkatan produksi dan produktivitas padi untuk ketahanan pangan, pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu harus senantiasa menjalin kerja sama antara petani dan pemerintah.

Lebih jauh Bupati Inhu juga menyampaikan bahwa Pemkab Inhu akan senantiasa siap membantu segala kesulitan petani. Beliau juga berharap kedepan hasil padi di Inhu bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan pangan di Inhu namun bisa menjual sampai Kabupaten lainnya, dan beliau mengingatkan agar segera memikirkan merk jualnya.***

 

Penulis: Muhammad Anshori / Hms


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER