Kanal

BKKBN Provinsi Riau Taja Sosialisasi Program Genre

PELITARIAU, Pelalawan - Dalam rangka menghadapi era globalisasi dan MEA (Masyarakat Ekonomi Asia), serta perkembangan teknologi yang semakin tak terbendung, khususnya bagi para remaja sebagai generasi penerus bangsa.

Atas dasar itulah remaja perlu dipersiapkan menjadi generasi yang produktif yaitu remaja yang menyelesaikan pendidikan, berkarier dalam pekerjaan, merencanakan berkeluarga, berpartisipasi dalam masyarakat, serta mempraktikan hidup sehat  Maka dari itu BKKBN melaksanakan Sosialisasi Program Genre (Generasi Berencana) bagi Pengelola PIK-R/M dan BKR se Kabupaten Pelalawan .

Dalam kegiatan “Sosialisasi Program Genre ” ini dilaksanakan d SMKN 1 Pangkalan Kerinci dan diikuti oleh pengelola PIK-R d sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Pelalawan.

Tampak hadir acara kegiatan tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Bapak Drs. H. Indrawarman M, M.Sc, MM beserta rombongan, Kepala Badan BP3AKB Kabupaten Pelalawan beserta jajarannya. Nara sumber Drs. Jumadi Palil, Kabid KSPK Prov. Riau serta dari BKKBN Kabupaten Pelalawan.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Bapak Drs. H. Indrawarman M, M.Sc, MM dalam sambutannya pada saat membuka kegiatan menyampaikan program ini dilaksanakan sebagai antisipasi terhadap masalah remaja yang kondisinya sangat kritis dan rentan dengan tantangan dintaranya:

Napza, peer pressure, merokok, pornografi, tawuran dan bahkan seks bebas sehingga harus dibentengi dengan Imtaq dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.Dan terlebih lagi untuk kabupaten Pelalawan yang merupakan daerah heterogen dan berada pada jalur lintas Sumatra-Jawa.

Belum lagi perkembangan teknologi yang kemajuannya tak terhindarkan dan terus digunakan oleh generasi muda dimana hal ini menunjang dalam hal pendidikan dan pekerjaan mengingat banyak perusahaan baik domestik maupun asing yang menggunakan tenaga yang berpengalaman dibidang IT, oleh karena itu penggunaannya harus diawasi dan dikontrol.

Dalam kesempatan yang sama Drs. Jumadi Palil, Kabid KSPK Prov. Riau menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi para pengelola PIK-R di sekolah mulai dari pengelolaan administrasi, kegiatan sampai dengan pelaporan.

Selain itu harapan adanya PIK-R di sekolah dapat menjadi sarana konsultasi teman sebaya dan dapat mencarikan solusi dari permasalahan-permasalahan remaja yang sifatnya rahasia. Dan Jika PIK-R di sekolah sudah terlaksana dengan baik dan maju." Maka pengelola PIK-R dapat membina diluar sekolah melalui program BKR (Bina keluarga Remaja) yang bertujuan memberikan pemahaman kepada para orang tua tentang perkembangan dan pergaulan remaja," terangnya.           

Sementara itu, Kepala Badan BP3AKD Bapak Khairunnas, mengatakan PIK-R disekolah masih berada dalam tahap Tumbuh sehingga masih perlu banyak pembinaan. Pihaknya  mengharapkan pengurus/ pengelola PIK-R diupayakan dari kelas X supaya regenerasinya tidak terputus sehinga dapat dilanjutkan ke tahap Tegak dan sampai ke tahap Tegar.

Untuk SMKN 1 Pangkalan Kerinci, dari terbentuknya PIK-R Sahabat, siswa diharapkan mampu menjadi konselor sebaya bagi rekan-rekannya dimana mereka bertugas menyampaikan informasi-informasi tentang persoalan-persoalan remaja dan bagaimana menghadapinya terutama yang menyangkut masalah TRIAD karena biasanya usia pelajar akan lebih terbuka kepada rekan-rekan yang seusia mereka.

Selain itu diharapkan juga peserta didik yang menjadi pengelola PIK-R ini tumbuh menjadi siswa yang cerdas, sehat dan gembira serta mempunyai kreatifitas dan berjiwa wirausaha dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti membuat prakarya dan menjualnya.Tujuan lainnya adalah mencegah tindakan-tindakan negatif yang berhubungan dengan remaja.

Kepala SMKN 1 Pangkalan Kerinci, Nurasia, M.Pd dalam penyampaiannya , menyatakan sangat tersanjung dengan diadakannya kegiatan Sosialisasi Program GENRE bagi Pengelola PIK-R/M dan BKR di SMKN 1 pangkalan Kerinci.

Nurasia mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Kepala Badan BP3AKD Kabupaten Pelalawan serta jajarannya dan pihak-pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini di SMKN 1 Pangkalan Kerinci.Nuraisia berharap dengan kegiatan sosialisasi ini pengelola PIK-R “Sahabat” di SMKN 1 Pangkalan Kerinci dapat pengetahuan lebih banyak mengenai bagaimana mengelola PIK-R di sekolah dan dapat memberikan solusi terbaik bagi permasalahan-permasalahan remaja menyangkut TRIAD yang ada di sekolah khususnya dan di Kabupaten Pelalawan pada umumnya.***


Penulis. Andre winata

Editor: Alfi


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER