Kanal

Sekolah Tatap Muka Terbatas di Riau Dimulai 8 September ini

PELITARIAU, Pekanbaru   - Sekolah tatap muka terbatas tingkat SMA/SMK sederajat di Provinsi Riau akan dimulai pekan depan. 

Hal ini disampaikan Gubernur Riau Syamsuar, Sabtu (04/9/21). Dikatakan Gubri wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 boleh melaksanakan sekolah tatap muka terbatas. 

"Sekolah tatap muka terbatas minggu depan dimulai. Wilayah yang menerapkan PPKM Level 1 boleh melaksanakan sekolah tatap muka terbatas.  Tadi Kepala Dinas Pendidikan Riau sudah lapor ke saya," sebut Syamsuar.

Meski sekolah tatap muka terbatas dibolehkan, namun kata Gubri, tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. 

"Jadi sekolah ini batasan-batasan tidak dibuka semua. Tapi ada batasan-batasan," terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Riau, Zul Ikram mengatakan, batasan sekolah tatap muka terbatas SMA/SMK sederajat di Riau mengacu terhadap Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri. 

"Sekolah tatap muka Insya Allah jadi pekan depan pada tanggal 8 September. Jadi mulai 1-7 September satuan pendidikan melakukan persiapan teknis," sebutnya.

Persiapan teknis dimaksud Zul Ikram yakni membagi jadwal pembelajaran, membagi jadwal masuk, dan jadwal daring. Sebab tahap awal sekolah tatap muka tidak bisa langsung semua. 

"Dua bulan awal September dan Oktober ini polanya masih 50:50. Jadi 50 persen tatap muka dan 50 persen belajar daring di rumah," terangnya. 

Kemudian setelah dua bulan kedepan, pihaknya bersama Ahli Epidemologi dan Satgas Covid-19 akan melakukan evaluasi hasil pelaksanaan sekolah tatap muka terbatas tahap awal. 

"Kalau hasilnya cenderung melandai, maka akan kita tingkatkan sekolah tatap muka menjadi 75 persen. Namun di daerah-daerah tertentu bisa 100 persen. Selanjutnya, pada bulan ke lima (Awal 2022) diharapkan kita sudah pada adaptasi kenormalan baru. Itu yang kita rancang," jelasnya. 

Ditanya apakah Pekanbaru termasuk yang akan melaksanakan sekolah tatap muka terbatas, Zul Ikram menyatakan, memang untuk saat ini Pekanbaru masih beada di PPKM Level 4. 

"Makanya kita ambil pekan depan tanggal 8 September, karena pada 6 September PPKM Level 4 di Pekanbaru berakhir. Biasanya setelah PPKM selesai biasanya ada Instruksi Mendagri, kita harap pada saat itu kondisi Covid-19 di Pekanbaru melandai. Untuk itu kita ambil tanggal 8 September sudah masuk sekolah tatap muka terbatas," jelas Zul Ikram. **Prc7


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER