Kanal

Merawat Bonsai Kelapa Hingga Punya Harga Jual Tinggi

PELITARIAU, Pekanbaru - Kelapa ternyata mulai banyak dilirik penggemar tanaman hias di Banjarnegara Jawa Tengah dan sekitarnya. Begini tips merawatnya dari seorang pecinta bonsai kelapa.

Adalah Abdul Rohim (42), pria asal RT 03/RW 02 Desa Pucungbeduk Kecamatan Purwonegoro, Banjarnegara. Berawal dari hobi, bonsai kelapa ternyata dapat menghasilkan uang.

Rohim menjadikan bonsai ini menjadi ladang penghasilan tambahan dirinya sebagai perajin anyaman bambu hias.

Ada tiga jenis kelapa yang populer versi Rohim yakni bonsai kelapa gading susu, gading oranye dan gading hijau. 

"Alhamdulillah saat ini di Banjarnegara mulai banyak penggemarnya. Disamping harganya terjangkau, perawatannya juga mudah mas," ujarnya.

Jika terawat dengan baik tentunya bonsai ini dapat berbuah, mini tentunya. Perawatan yang harus dilakukan pada bonsai kelapa tidak ada bedanya dengan bunga yang lain, cukupi kebutuhan air dan pemupukan dengan abu sampah 4 - 5 kali setahun.

Harga bonsai kelapa milik Rohim ternyata ditentukan dari jumlah dan keindahan daun. Kisaran harga  Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu. Rohim juga membeberkan cara membuat bonsai kelapa ini.  Saat memulai membuat bonsai harus memilih kelapa yang sudah tua.

Progam berikutnya adalah tunas dan akar selama 4 bulan. Kelapa yang sudah tua dikupas hingga bersih,  kemudian disemai di media air. Setelah akar cukup kuat baru dipindah ke pot bunga atau media tanah. Kalau sudah dipindah berarti siap dijual. Namun jika ingin memiliki nilai plus tentu menunggu daun bonsai kelapa berkembang. **Prc7


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER