Kanal

Disnakan Rohul Akan Terapkan Pendataan Sapi Sistem Online

PELITARIAU, Pasirpangaraian - Pada ekspose kepada Bupati Achmad, Jumat (9/1/15), Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Rokan Hulu menargetkan populasi sapi mencapai 50 ribu ekor pada tahun ini.

Marjoko mengungkapkan pada 2014 lalu, populasi sapi di daerahnya telah mencapai 39 ribu ekor. Dia optimis tahun ini, tingkat populasi meningkat 11 ribu ekor atau menjadi 50 ribu ekor.

Terkait pertanyaan Bupati Achmad tentang program Sejuta Sapi dan pengadaan sapi pada tahun ini, Marjoko mengatakan program Sejuta Sapi akan dilaksanakan pada tahun ini. Menurutnya, luas lahan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Rohul sangat potensial dijadikan untuk Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit (SISKA). Seperti dilansir riauterkini.

Menurutnya lagi, beberapa perusahaan di Rohul juga telah menerapkan SISKA, seperti PTP Nusantara V, PT Torganda dan perusahaan lain di daerahnya.

Luas perkebunan kelapa sawit sekitar 450 ribu hektar di Rohul, diperkirakan Marjoko berpotensi dalam penerapan SISKA. Yakni 1 hektar kelapa sawit diproyeksikan bisa untuk 2 ekor sapi.

Marjoko mengakui Disnakan Kabupaten Rohul mendapat bantuan APBN 2015 lebih dari Rp2 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk pengadaan 100 ekor sapi, lengkap untuk pengolahan pakannya.

Dalam program Sejuta Sapi, Disnakan Rohul juga akan menerapkan pendataan sapi sistem online. Seluruh sapi akan tercatat mulai hari lahirnya. Sapi juga akan diberi akta kelahiran. (PR-cr.ram)

 

Editorial : Ramdana Yudha

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER