Kanal

Daya Listrik Inhu Terus Mengalami Defisit, Pemadaman Bergilir Terus Berlanjut

PELITARIAU,Rengat - Akibat kerusakan yang dialami mesin pemabangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang berada di tanah Merah Kec. Lirik, akibatnya pemadaman bergilir di rayon Air molek  yang dilakukan pihak PT PLN menjadi 1-1. Hal ini berbeda dengan yang dilakukan pimpinan  PLN rayon Rengat Kota. 

 

" Dengan  bertambahnya kerusakan satu unit mesin di PLTMG Lirik  dengan sangat menyesal terpaksa kita lakukan pemadaman bergilir menjadi 1-1 " ucap Syaipul Anan kepala Rayon Airmolek,  Kamis  (8/1)  saat dihubungi Pelitariau.com via selulernya .

 

Dikatakannya, untuk rayon Airmolek defisit daya sebanyak 4,5 MG Watt , jadi dengan kebutuhan ini terpaksa Arus disesuaikan dengan pembagian jalur yang adil dan  merata, " Jadi mohon maaf kalau pemadaman bergilir saat ini menjadi 1-1" ucapnya.

 

Dijelaskannya, dengan bertambahnya satu unit lagi  kerusakan mesin pembangkit di PLTMG ini dan menjadi 2 unit yang Rusak. Daya yang dikeluarkan semakin berkurang sehingga pembagian daya di Rayon Airmolek defisit sebesar 4,5 MGW . Dengan kekurangan daya ini , kita lakukan pengaturan pemadaman bergilir ke sejumlah jalur yang ada di rayon Air molek secara profosional.

 

Senada dengan yang disampaikan Kepala PLN Area Rengat Armunanto yang membawahi sejumlah Rayon saat dihubungi via selulernya mengatakan dengan bertambahnya kerusakan satu unit mesin PLTMG Lirik daya yang dapat terkumpul tinggal 14,5 MGW. Jadi Daya yang ada dibagi kepada 2 rayon yakni Rayon Airmolek dan rayon Rengat Kota.

 
"Dengan adanya kerusakan yang kita alami, maka kita membagi daya yang ada untuk rayon kota sesuai dengan jumlah pelanggan daya yang dipasok 10 MGW, sedangkan untuk Rayon Air molek 4,5 MGW" sebutnya.

 

Dijelaskan Armunanto  jadi dengan pembagian daya kepada 2 rayon tersebut, untuk  pembagian pemadaman bergilirnya  kita serahkan kepada Rayon masing masing untuk  mengaturnya.  Jadi setelah saya cros chek sistem pemadaman bergilir yang dilakukan ke dua rayon tersebut sudah Adil dan sudah merata.


"Meski rayon kota Rengat pembagian daya lebih besar namun ini sesuai dengan jumlah jalur dan pelanggan yang ada, jadi sudah merata dan sudah Adil" sebutnya.

 

Terkait pemadaman tambahan ini karena adanya  1 unit PLTMG  mengalami gangguan Oli pump sehingga total unit mesin PLTMG yang keluar sistem menjadi 2 unit. Seharusnya suplai PLTMG 20 MW dari 7 unit mesin, akan tetapi tadi malam  (Rabu malam, red) 2 unit gangguan/keluar sistem.

 

“Sehingga daya mampu PLTMG berkurang menjadi 14 MWT  dan defisit menjadi bertambah yang seharusnya 12,5 MW menjadi 15,5 MW. Dimana kuota padam untuk Airmolek sebesar 4,5 MWT sehingga pemadaman bergilir menjadi 1:1, kami mohon  masyarakat bersabar, karena perbaikan unit 1 PLTMG yang rusak diupayakan secepatnya, untuk perbaikan pemadamaan bergilir kami berupaya mempercepat masuknya unit tambahan 5 MW yang ada di Desa Kota Lama dimana progressnya saat ini lagi pengerjaan pondasi, dan saat ini kita juga dapat persetujuan dari PLN wilayah di Pekanbaru untuk menambah lagi 5 MW (tambahan),”jelas  Armunanto

 

Penulis: tony

Editor   : rio ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER