Kanal

Bupati Inhu Teteskan Air Mata Saksikan Visual Pembantain 5 Januari

PELITARIAU, Rengat - Visualisasi Kilas Balik Peristiwa 5 Januari 1949 yang ditampilkan dalam treatikal menyedot perhatian masyarakat Inhu. Bahkan Danrem 031 Wira Bima dan Bupati Inhu teteskan air mata menyaksikannya, Senin (5/1) yang dimulai  sekitar pukul 09.00 WIB di lokasi pendopo Junjung Buih Rengat


Bupati H Yopi Arianto beberapa kali terlihat menghapus air matanya dengan menggunakan tisu, ketika melihat adegan membunuh serta membantai masyarakat Inhu dengan kejam oleh Belanda dan jasadnya dibuang ke Sungai Indragiri.

Sebelum penampilan visualisasi tersebut, terlebih dahulu dilaksanakan upacara peringatan peristiwa 5 Januari 1949 tepat di depan tugu agresi.

Usai pagelaran visualisasi tersebut dilakukan tabur bunga di Sungai Indragiri oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto, Danrem 031 Wirabima Brigjend TNI Prihadi Agus Irianto, Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini, Ketua DPRD Inhu Miswanto, Sekda Inhu Raja Erisman serta pelaku dan saksi sejarah.

Bupati Inhu H Yopi Arianto mengakui ia menangis ketika menyaksikan visualisasi peristiwa 5 Januari 1949 tersebut. Ia merasakan bagaimana situasi yang terjadi pada saat itu hingga ribuan masyarakat menjadi korban kekejaman Belanda.

“Ini merupakan yang kali pertama kita tampilkan visualisasi peristiwa 5 Januari 1949. Saya punya cita-cita, mudah-mudahan tahun depan, kita bisa tampilkan juga visualisasi terjun payung pasukan Belanda dengan menggunakan pesawat Hercules,” ucapnya.

Bupati juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam visualisasi peristiwa 5 Januari 1949 ada yang tidak sesuai, dan ia juga berharap peristiwa bersejarah tersebut bisa menjadi pelajaran bersama untuk generasi muda mengisi pembangunan," jelasnya.
 

Penulis: doni

Editor  : rio ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER