Kanal

Bupati Inhu Terimah Buku Dari Kepala LVRI Provinsi Riau

PELITARIAU,Rengat-Acara puncak rangkain kegiatan hari bersejarah Kota Rengat dilaksanakan Senin (5/1) dengan menggelar upacara di Tgu Pahlawan Jalan A.Yani Rengat. Selain itu juga ada  penampilan drama kilas balik tentang Tragedi Berdarah 5 Januari 1949 ditampilkan.

 

Dalam kesempatan itu Kepala Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi  Riau  Imron Saeman menyerahkan buku yang merupakan karangan Beliau yang berjudul "Perjuangan Tidak Mengenal Akhir" kepada Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE.

 

 Dalam buku tersebut, Beliau memaparkan berbagai fakta yang dialami  akan kekejaman Belanda atas pembantaian yang dilakukan terhadap ribuan warga Kota Rengat pada 5 Januari 1949 silam.

 

Sementara itu, seluruh tamu serta masyarakat yang hadir begitu terpukau sekaligus terharu bahkan tidak sedikit yang meneteskan air mata, pada saat menyaksikan drama teater yang ditampilkan oleh para anggota TNI dengan perlengkapan senjata dan kapal perangnya yang bekerja sama dengan para seniman yang berasal dari Dewan Kesenian Indragiri, sanggar-sanggar seni, pencak silat dan para pelajar dengan latar belakang tentang kilas balik Tragedi Berdarah 5 Januari 1949.

 

 Dimana, dalam dramatisasi itu, ditampilkan berbagai bentuk penyiksaan serta pembantaian yang tidak berprikemanusiaan yang dilakukan para tentara Belanda (diperankan oleh para anggota TNI) terhadap para Perwira TNI dan Polri waktu itu.Bahkan terhadap Bupati Tulus serta warga masyarakat kota Rengat dengan jumlah korban mencapai ribuan.

 

 Diharapkan dengan gambaran peristiwa tersebut, seluruh warga masyarakat dapat menghargai serta menghormati pentingnya sejarah dengan mengisi kemerdekaan  dengan berbagai kegiatan positif demi memajukan pembangunan di Kabupaten Inhu.

 

Selanjutnya, setelah menyaksikan drama teater tragedi 5 januari 1949, Bupati Inhu dengan didampingi Wakil Bupati, Danrem 031 Wirabima, Ketua DPRD serta para Pejabat dan tamu yang hadir, melakukan tabur bunga di tepian Sungai Indragiri.

 

Acara dilanjutkan dengan melepas secara resmi keberangkatan ratusan personil Satpol PP yang melakukan Napak Tilas dengan berjalan kaki dari Rengat menuju Kantor Bupati Inhu di Pematangreba, sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan serta pejuang-pejuang Indragiri Hulu.

 

Penulis: alfi

Editor    : Ramdana Yudha


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER