Kanal

Kodim Inhu Lakukan Persiapan Peringatan 5 Januari

PELITARIAU, Rengat - Dalam rangka memperingati Tragedi Bersejarah 05 Januari 1949, Kodim 0302 Inhu melakukan berbagai persiapan demi kesuksesan pelaksanaan sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan 05 Januari 2015 mendatang, yang menurut rencana akan dipusatkan di Pendopo Junjung Buih depan Kediaman Dinas Bupati Inhu di Rengat.

 

Kodim bekerja sama Pemda Kab. Inhu serta Dewan Kesenian Indragiri, rencananya sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya upacara peringatan, tabur bunga dan drama teater yang mengisahkan peristiwa berdarah 05 januari 1949, yang akan ditampilkan oleh para seniman-seniman kota Rengat.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kabag humas melalui Kasubag Pemberitaan Ergusfian, S.Sos
 

“Sebagai ketua pelaksana kita serahkan ke pihak Kodim 0302 Inhu, kita sebagai pemerintah daerah akan memberikan dukungan sepenuhnya. Kepanitiaan akan dibantu oleh dewan kesenian Indragiri untuk penampilan drama teater, kita akan menampilkan seniman kota rengat di bawah naungan DKI Inhu,” terang Ergusfian.

 

Seperti diketahui, tragedi 05 januari 1949 merupakan peristiwa bersejarah yang tidak dapat dilupakan oleh seluruh masyarakat Indragiri Hulu. Dimana dalam peristiwa tersebut, sebanyak 2000 lebih para pejuang Inhu gugur dalam Agresi Militer Belanda ke-2. 

 

Rencananya, dalam pelaksanaan nanti, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto dan  Ninik Turaijah Tulus, putri dari Bupati Tulus yang merupakan saksi hidup sejarah perjuangan Kota Rengat serta para Tokoh Masyarakat  akan turut menghadiri pelaksanaan acara peringatan 05 Januari 1949 tersebut.

 

Penulis: tony

Editor   : rio ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER