Kanal

Hebat, Inhu Peringkat Pertama Keterbukaan Informasi Publik

PELITARIAU, Rengat – Pemkab. Inhu mendapatkan penghargaan  peringkat pertama keterbukaan informasi badan publik di Provinsi Riau. Penghargaan anugrah  keterbukaan informasi badan publik  di serahkan langsung oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman kepada Bupati Inhu yang diterima Sekda Inhu Drs. H.R Erisman M. Si.

 

Turut hadir pejabat dari Inhu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Inhu  Drs. Erpandi, staf ahli Bupati Bidang hukum Nekson, Kabid Infokom Dishubkominfo Roma Doris, dan Kabag Humas Setda Inhu Jawalter.


Penyerahan penghargaan predikat terbaik tersebut dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau, Selasa (30/12). Hadir juga pada kesempatan itu Ketua KIP Pusat, Ketua KIP Riau Mahyudin Musdar, Forkopimda Riau serta berbagai undangan lainya.


Inhu terpilih karena memiliki desk informasi (layanan pengaduan) paling lengkap disertai web pemerintahan yang aktif, termasuk SOP tentang keterbukaan informasi.

 

Untuk diketahui, anugerah peringkat pertama yang diterima dari Plt Gubri dikarenakan sejak Desember 2013 lalu, Dishubkominfo Kabupaten Inhu telah mendirikan Pusat Pelayanan Informasi Masyarakat (PPIM). Dengan adanya PPIM, masyarakat yang membutuhkan layanan data dan informasi mengenai penyelenggaraan pemerintah tinggal mendatangi PPIM di Kantor Dishubkominfo Kabupaten Inhu, Jalan Lintas Timur, Pematangreba.

Tak hanya itu, Pemkab Inhu terus berupaya mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel sesuai dengan Undang-undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Kesigapan Pemkab Inhu atas keluarnya Undang-undang No. 14 tahun 2008 tersebut diwujudkan dengan menunjuk dan membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kabupaten Inhu.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman mengapresiasi atas hasil yang diraih oleh masing-masing daerah. Dirinya juga mengimbau agar seluruh instansi dan kelembagaan bisa menerapkan sistem keterbukaan informasi yang baik.


"Sekarang tidak zamannya lagi menutup-nutupi informasi. Saya mendorong seluruh instansi terkait untuk menerapkan sistem keterbukaan informasi yang baik dan jelas," pesan Plt Gubernur Riau.(cr. rio)

 

Editorial: rio ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER