Kanal

Pemkab Rohul Berencana Merelokasi Warga yang Bermukim Rawan Banjir di Bonai

PELITARIAU, Pasirpangaraian - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berencana merelokasi warga yang bermukim di daerah rawan banjir di Kecamatan Bonaidarussalam. Upaya dilakukan untuk meminimalisir angka kerugian dan bertambahnya korban banjir yang terjadi setiap tahun di kecamatan itu.

Bupati Rohul Achmad mengatakan untuk rencana relokasi korban banjir di Bonaidarussalam ke tempat aman, Pemerintah Daerah akan mengusulkan anggaran melalui sharing budget dengan Pemerintah Provinsi Riau.

"Sebelumnya, Pemkab Rokan Hulu juga pernah melakukan relokasi warga Desa Rantau Binuang Sakti Kecamatan Kepenuhan," kata Bupati Achmad, Sabtu (22/11/14).

Menurut Bupati, karakteristik letak geografis beberapa daerah di Kecamatan Bonaidarussalam hampir sama dengan karakteristrik Desa Rantau Binuang Sakti, merupakan salah satu desa rawan genangan banjir.

Adapun beberapa daerah di Kecamatan Bonaidarussalam yang kerap direndam banjir setiap tahun, seperti Desa Bonai, Desa Sontang, serta Desa Kasang Padang. Warga di beberapa dusun di daerah itu juga sering terisolir saat terjadi banjir besar, dan sangat sulit dievakuasi oleh petugas.

Meski demikian, Achmad mengakui untuk rencana relokasi warga di daerah banjir tidak bersifat memaksa, namun hanya sekedar himbauan.

Belum diketahui secara pasti berapa jumlah kepala keluarga yang akan direlokasi oleh Pemkab Rohul. Pasalnya, pemerintah daerah perlu melakukan pendataan. Sebagaimana dilansir riauterkini.com

 

Editorial : Ramdana Yudha


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER