Kanal

Atlet SOIna Meranti Jalani Training Center Jelang Pornas

PELITARIAU, Meranti - Sebanyak 14 atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) Kepulauan Meranti menjalani pemusatan latihan (Training Center) di Kota Pekanbaru. Mereka didampingi 2 pelatih dan 1 official.

Training Center ini dilakukan selama 2 pekan (4-18 Juli) untuk mereka yang akan bertanding memperkuat Riau dalam Pekan Olahraga Tingkat Nasional (PORNAS) ke-8 Special Olympics Indonesia (SOIna) tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Pekanbaru Provinsi Riau pada 19-23 Juli 2018 mendatang dan akan dikuti oleh 34 propinsi di Indonesia.

Ketua SOIna Kepulauan Meranti, Syafrizal, mengatakan saat ini mereka sedang memberangkatkan atlet untuk dikirim ke Pekanbaru. Atlet dari Meranti sendiri akan bergabung dengan atlet dari kabupaten kota di Riau untuk mengikuti pemusatan latihan.

Kepala SLB Sekar Meranti ini juga mengatakan atlet berkebutuhan khusus dari Kepulauan Meranti akan mengikuti 4 cabang olahraga (Cabor) dari 11 Cabor yang dipertandingkan. Diantaranya bola kaki kelimaan, Sepak Bola Putri, Bulutangkis, dan Basket.

Menurutnya lagi, Pornas SOIna adalah kompetisi puncak dari pembinaan selama 4 tahun dan dimaksudkan untuk menyeleksi atlet-atlet olahraga bagi penyandang tunagrahita yang berpotensi dan berpeluang untuk mengikuti Special Olympics World Summer Games 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Kita targetkan banyak atlet dari Kepulauan Meranti bisa mewakili Indonesia di Dubai pada Maret 2019. Sedangkan 2 atlet bulu tangkis kita sudah dipastikan akan memperkuat timnas nantinya, mudah mudahan yang lainnya bisa menyusul," kata Syafrizal, Selasa (3/7/2018).

Harapan Syafrizal tidak muluk, karena menurutnya atlet SOIna Kepulauan Meranti sudah ada yang berhasil meraih emas di tingkat internasional.

Seperti Alex Wiranata atlet Special Olympics Indonesia (SoIna) Kepulauan Meranti yang berhasil memperoleh 2 Medali Emas dan 1 Perak diajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG) ke XIII di Athena Yunani tahun 2011 silam. **rls


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER