Kanal

Pilkada Dumai Tinggal Hitungan Bulan

PELITARIAU, Dumai - Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai Zahedi menyatakan, pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Dumai Riau dijadwalkan pada September 2015 mendatang.


"KPU pusat memutuskan Dumai bersama 3 kabupaten lain di Riau, yaitu Kepulauan Meranti, Bengkalis dan Inhu menggelar Pilkada serentak pada September mendatang," katanya kepada wartawan, Rabu (12/11/14).

Menurut dia, KPU Dumai diminta juga untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat terkait penyusunan dan kebutuhan anggaran pembiayaan pelaksanaan pemilihan wali kota.

Terkait anggaran, dia menyebutkan, KPU Dumai sebelumnya telah menyampaikan usulan kebutuhan pendanaan pelaksanaan pemilu sekali lima tahun tersebut, yaitu sebanyak Rp21 miliar untuk rencana Pilkada langsung dipilih rakyat.

Proses pengusulan anggaran pilkada ini, menurut dia, KPU didampingi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Riau terkait teknis administrasi pelaporan dan mekanisme penyusunan keuangan sesuai kebutuhan.

"Kita juga masih menunggu penetapan pelaksanaan pilkada apakah langsung atau lewat lembaga legislatif untuk kepentingan dilakukan penyesuaian usulan anggaran," katanya.

Dia menambahkan, karena teknis pelaksanaan pilkada belum diputuskan, maka sejauh ini pihaknya tidak melanjutkan pembahasan dan penyusunan tahapan pesta demokrasi tersebut.

"Untuk persiapan penyusunan tahapan lebih lanjut belum ada, tapi kita terus melakukan komunikasi dan hearing dengan lembaga parlemen terkait pilkada ini," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Dumai Darwis memastikan pihaknya siap menyelenggarakan Pilkada apapun keputusan yang akan diambil DPR RI terhadap terbitnya peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perpu) terkait pemilihan kepala daerah.

"KPU siap menerima dan melaksanakan keputusan pelaksanaan Pilkada ini karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara di daerah," katanya. Sebagaimana dilansir riauterkini.com

 

Editorial : Ramdana Yudha


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER