Kanal

Bupati Inhil Buka Festival Menongkah Tahun 2017 di Pantai Bidari

PELITARIAU, Inhil - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H Muhammad Wardan, resmi membuka festival menongkah tahun 2017, di Pantai Bidari Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, Sabtu (12/8).

Pada Kesempatan itu turut dihadiri, Kadis Pariwisata Herman, Sekda Inhil H Said Syarifuddin, Kadisporapudbar H Junaidi, Waka Polres Inhil H Azwar, Unsur Fokopimda Inhil, Fokopimcam dan Kepala desa serta jajaran Pemerintah desa Tanjung Pasir. 

Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan rasa syukur karena dengan kondisi yang cukup panas masih bisa melaksanakan acara tahunan yakni Festival Manongkah. 

" Alhamdulillah pada hari ini kita bisa kembali melaksanakan acara yang Sangat unik sekali dan luar biasa dalam penyelenggaraan. Festival ini hanya ada di Inhil, yakni di Pantai Bidari, Tanjung Pasir," ujar Bupati.

Dari segi pengunjung, Bupati sedikit kecewa. Sebab, jika dilihat tahun lalu (2016) keramaian dan antusias warga lebih ramai. Dibanding tahun ini, agak sedikit mengalami penurunan secara singnifikat.

Tahun 2018, kata Bupati, dia akan berusaha mengundang Gubernur Riau, bahkan Mentri Republik Indonesia. Menurutnya lagi, festival ini merupakan ikon Wisata Indragiri Hilir sekali setahun dan sudah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

"Saya minta tarian menongkah juga dilestarikan, kalau bisa kita serukan ke dunia. Dan juga kita minta tarian lomba-lomba menongkah dikemas secara rapi, jadi orang tau seperti apa itu menongkah kerang," pinta Bupati.

Disinggung Bupati masalah keramaian pengunjung, Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Diporapudbar) H Junaidi, mengakui bahwa tahun ini pengunjung sedikit menurun.

"Dulu kita gelar pada hari libur, makanya ramai. Kalau tahun ini digelar pada hari Sabtu, anak-anak pada sekolah. Mudah-mudahan ditahun 2018 nanti, kita akan kemas secantik mungkin agar festival ini sukses ditahun berikutnya," harap Junaidi.

Juanidi mengatakan, penyelenggarakan menongkah kerang pada tahun ini, khusus kita kemas dalam bentuk lomba-lomba, perapah atau berjalan diatas lumpur dan pacu menongkah.

"Menurut saya, acara ini lebih sukses, dari pada tahun lalu. Dibuktikan mulai  dari kondisi air lebih mendukung, dan menongkah massal yang baru saja kita saksikan bersama-sama," ujar Kadis.***Bud/Adv


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER