Kanal

Musrenbang Rohul, Gubri Datang Menggunakan Helikopter

PELITARIAU, Rohul - Gubernur riau (Gubri) Arsyad Juliandi Rahman membuka secara resmi Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Rokan hulu (Rohul) Tahun 2018, di Convention Hall, Masjid Agung Islamic Center (MAIC) Rohul.

Kehadiran Gubri membuka secara langsung Musrenbang Rohul tahun ini menjadi catatan sejarah. Pasalnya, sejak berdiri inilah baru kali pertama, Musrenbang Rohul dibuka langsung Gubri, Rabu (8/3/2017).

Gubri yang datang dengan menggunakan helikopter BPBD Provinsi Riau, disambut Plt Bupati Rohul H Sukiman dan Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri di Hellipet, Kantor Bupati Rohul Pasir Pengaraian. Setelah mendarat, Gubri bersama rombongan langsung bertolak ke MAIC tempat acara musrenbang berlangsung.

Tampak hadir, Kepala BPBD Riau yang juga Pj Walikota Pekanbaru Edwar Sanger, Sekdako Pekanbaru M Nuh, Asisten II Masperi, Sejumlah Anggota DPRD Riau seperti Rusli Ahmad, Lampita Pakpahan dan Masgaul yunus, Anggota DPRD Rohul, Pejabat dilingkungan Pemkab Rohul, Camat, Kepala Desa, serta para Tokoh Masyarakat.

Musrembang Kabupaten Rohul yang mengambil tema "Peningkatan infrastruktur mendukung ekonomi daerah dan tata kelola pemerintahan yang baik", merupakan tahapan perencanaan pembangunan, yang akan dilakukan pemerintah daerah pada tahun 2018 mendatang.

Kepala Bapeda Rohul Nifzar Rachman mengatakan, perencanaan pembangunan Kabupaten Rohul tetap memperhatikan aza-azas prioritas pembangunan sesuai RPJP, serta sinergi dengan pembangunan provinsi dan nasional yakni pembangunan dari pinggiran dan daerah pedesaan.

"Musrenbang ini merupakan tahap ke-3 (tiga) perencanaan pembangunan daerah setelah musrenbang kecamatan, Konsultasi Publik dan Forum SKPD," jelasnya.

Dari finalisasi proses perencanaan yang sudah dilakukan terdapat 159 program dan 1020 Kegiatan dengan dana yang dibutuhkan mencapai Rp875.453.450.000. Program-program yang diusulkan masih terfokus pada pelayanan masyarakat, penyediaan infrastruktur jalan, air bersih listrik dan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Plt Bupati Rohul H Sukiman dalam sambutanya berharap, melalui Musrenbang tahun 2018 yang digelar tahun 2017 ini dapat merumuskan rencana pembangunan yang mampu mencakup menajamkan isu-isu strategis, evaluasi hasil kinerja RKPD, Rancangan kerangka Ekonomi serta Keuangan daerah.

"Melalui musrenbang ini saya harapkan juga menjadi wadah aspirasi dalam merumuskan pembangunan secara kolaboratif, dan mendapat dukungan dari seluruh Stakeholder," ujarnya.

Sementara itu Gubri Arsyad Juliandi Rahman mengatakan, hasil Musrenbang Kabupaten Rohul ini nantinya akan menjadi input dalam Pra musrenbang  Provinsi 2018. Pemerintah provinsi Riau tentunya siap bersinergi dengan pemkab Rohul dan siap mendukung merealisasikan rencana pembangunan tersebut melalui APBD Provinsi Riau tahun 2018.

Dalam kegiatan Musrenbang Rohul 2018 itu Gubri Arsyadjuliandi Rahman melakukan penandatanganan prasasti pembangunan shelter senilai 1.3 M di Kelurahan Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah. Selain itu, Gubri juga menyerahkan bantuan Pemprov Riau kepada Pemkab Rohul, berupa 10 Portabel fire pump yang berasal Dari Bankeu APBD Riau 2016 senilai 1.4 M, Drone pemantau karlahut dan banjir, Early Warning System (EWS) yang sudah ditempatkan di 5 titik serta Bantuan Logistik korban bencana alam.***DRA


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER