Kanal

Sebagai Kado Ulang Tahun Ke 8, APBD Meranti 2017 Di Sahkan Sebesar 1,17 Triliun

PELITARIAU, Meranti-Jelang hari jadi Kepulauan Meranti  ke-8, daerah ini mendapat kado berupa pengesahan anggaran yang tepat waktu.Dalam rapat paripurna  DPRD, Rabu (7/12) malam, disahkan APBD tahun 2017 sebesarRp 1,17triliun.


Anggaran Rp 1,17 triliun tersebut merupakan proyeksi belanja yang terdiri dari dua kelompok yakni; belanja tidak langsung sekitar Rp 588 miliar dan belanja langsung sebesar Rp 590 miliar.Belanja tidak langsung disebut juga belanja rutin seperti untuk gaji aparatur dan biaya operasional.Sedangkan belanja langsung merupakan belanja public untuk membiayai pembangunan.
Dalam laporan juru bicara Banggar (BadanAnggaran) DPRD Edi Masyhudi  SPdi MSi dijelaskan struktur APBD tersebut.Dimulai dari proyeksi pendapatan sekitar Rp 1,21 triliun lebih. Proyeksi ini di dasari perkiraan dana masuk dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesarRp 63 miliar, dana perimbangan sekitar Rp 808 miliar, dan lain-lain pendapatan yang sahsekitarRp 245 miliar.

“Selain itu ada komponen penerimaan sebesarRp 100 miliar dari silpa tahun anggaran sebelumnya.Sedangkan sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan sebesar Rp 37,8miliar,” ungkap Edi.
Dengan lebih besarnya proyeksi pendapatan dari belanja jelas bahwa APBD kali ini mengambil konsep surplus. Selain itu belanja APBD 2017 ini lebih rendah dari APBD 2016 yang di tetap Rp 1,2  triliun lebih setelah perubahan.


Selain menjelaskan komposisi anggaran, juga disampaikan sejumlah  rekomendasi. Diantara meminta Pemkab bekerja serius menekan angka kemiskinan yang saat ini mencapai 33,4persen, menekan angka pengangguran, meningkat kan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan dan listrik.
“Kami juga meminta peningkatan PAD dengan menggali sumber-sumber pendapatan baru atau mengintensif kan sumber penerimaan yang ada.Pemda juga harus optimal menjemput dana baik di provinsi maupun pusat,” tegas Edi.


Usai laporan Banggar, rapat paripurna yang dipimpinKetua DPRD FauziHasan SE dan di damping Wakil KetuaTaufiqurrohman dan Muzamil tersebut akhir nya mengetuk palu sidan gsatu kali untuk mengesahkan APBD tersebut. Paripurna pengesahan ini juga dihadiri sebagian besar kepala SKPD di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti dan beberapa pejabat dari instansi vertical seperti Kapolres AKBP Barliansyah.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Drs H Said Hasyim menyampaikan apresiasi kepada DPRD atas kerjasama nya sehingga APBD bisa disahkan tepat waktu. Dia juga menganggap pengesahan tersebut sebagai kado bagi hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti  ke-8 ini.


“Memasuki usia ke-8, masyarakat menunggu perubahan yang lebihcepat .Kita masih kabupaten tertinggal di Riau. Angka kemiskinan kita masih signifikan, mencapai 33,4persen. Kami minta SKPD bekerja lebih serius menjalankan APBD ini, dan DPRD diharapkan terus mengawal ini,” tegasnya.


Menurutnya, jangan sampai ada uang rakyat yang mubazir. Apa lagi Meranti merupakan daerah yang masih terisolir. “Marilah sama-sama kita berjuang membangun daerah ini. Kita juga harus berjuang merebut dana APBD provinsi dan APBN di pusat,” tambah dia.


Untukitu, Said mengharapkan SKPD melakukan pendekatan, kajian dan studi-studi  yang layaksehingga bisa menyakin kan provinsi dan pusat untuk memberikan anggaran.“Kita perlu bekerja lebih serius dan lebih keras lagi.Perlu komunikasi yang lebih intensif dengan provinsi dan kementerian-kementerian teknis terkait dalam meningkatkan anggaran pembangunan daerah ini,” tutupnya.***




Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER