Kanal

Bupati Irwan Minta Kepala DPKP Beri Perhatian Serius Pada Petani Yang Ingini Bertanam Cabe

PELITARIAU,Meranti-Rabu (30/11/16)Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si melakukan panen raya cabe di Desa Tanjung Pranap, Kecamatan Tebing Tinggi Barat. 

Panen raya di Desa Tanjung Pranap yang lebih dikenal dengan julukan Tanah Lembah Kampung Bertuah itu dipusatkan di Kebun Cabe milik Kades Tj. Pranap Aswandi di Jalan Poros Alai Mengkikip, pada kebun seluas 1.5 Ha lebih tersebut, Bupati secara simbolis melakukan panen raya cabe dengan total 1 Ton, atau jika dirupiahkan dengan harga cabe 75 ribu/kilo akan menghasilkan uang sebanyak 75 Juta rupiah.

Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Msi meminta kepasa Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk memberikan perhatian serius kepada para petani yang ingin bertanam cabe, bawang dan lainnya. 

"Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kedepan dapat memberikan perhatian yang serius untuk membantu petani dengan penyediaan bibit tanaman yang berpotensi untuk dikembangkan,"ucap Bupati.

Kedepan Bupati berharap masyarakat dapat menanam dan memproduksi cabe secara masal agar harga cabe dipasaran Meranti lebih murah, merubah paradigma masyarakat yang dulunya menjadi konsumen kini menjadi produsen.

"Kita ingin merubah mainset masyarakat menjadi produsen jangan hanya bisa jadi konsumen, melalui edukasi oleh PPL Pertanian, Perikanan dan Perkebunan yang jumlahnya terus kita tingkatkan dapat memberikan warna baru kepada masyarakat," harapnya.

Saat ini padi sudah mulai banyak dikembangkan, berimbas kepasa harga beras yang sudah sedikit murah. Sejauh mata memandang banyak terlihat lahan kosong, untuk itu Bupati mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang ada ini. "jangan biarkan lahan kosong itu dimakan api, mari jadikan lautan cabe yang dapat menghasilkan uang dalam upaya mencibtakan kesejahterakan masyarakat," ajaknya.***ek

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER