Kanal

Harga Karet Perlahan Naik di Meranti

PELITARIAU, Meranti- karet olahan di Kabupaten Meranti mulai naik dari sebelumnya Rp4000 per kilogram perlahan naik menjadi Rp8000 per kilogram.

Menurut petani karet Safrizal di Desa Bantar Kecamatan Rangsang Barat saat berbincang bincang bersama pelitariau.com kamis,(1/12/16) kondisi ini cukup menggembiraikan para petani karet lokal.

"Sekarang karet olahan berupa bukuan sudah mulai naik menjadi Rp8000 per kilogramnya dan sebelumnya anjlok hingga kurang dari Rp5.000 per kilogram," jelas Safrizal.

"Namun harga berbeda di Desa Tanjung Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Harga karet memang mulai naik di Desa Tanjung, namun harga terendah sebelumnya Rp 4000 perkilogram kini naik menjadi Rp 7000- Rp7500 perkilogramnya,"Ujar Turyati

Meski harga karet olahan lokal mulai membaik namun sejumlah petani karet masih mengeluhkan rendahnya pasaran harga getah di wilayah ini yang berdampak makin melemahnya daya beli masyarakat.

"Memang harga karet mulai meningkat namun kendala yang di alami petani karet meranti saat ini adalah musim hujan, mulai dari akhir oktober hingga awal Desember 2016 biasanya itensitas hujan akan terus meningkat, hingga tidak memungkinkan untuk menyadap karet, jika musim hujan tetap di lakukan penyadapan karet akan bepotensi pada kerusakan pohon dan kualitas susu karet juga akan berkurang," Akuinya.***ek

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER