Kanal

Asisten II Setdakab Inhil Buka Sosialisasi Sustainable Development Goals

PELITARIAU, Inhil- Asisten II Setda Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Rudiansyah membuka secara resmi Sosialisasi Sustainable Development Goals, Jum'at (18/11) kemarin.

Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Kantor Bupati Inhil jalan Akasia Tembilahan yang dihadiri sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Inhil.

Asisten menyebutkan, jargon dari sustainble development goals yang disingkat SDGs ini merupakan kesepakatan para pemimpin negara di dunia yang dideklarasikan pada bulan september 2015 lalu di gedung PBB.

SDGS terformulasikan dalam kerangka hasil atau result framework terdiri dari 17 tujuan dan 169 target dan 240 indikator yang menjadi acuan bagia agenda pembangunan dunia untukk 15 tahun kedepan 2030.

"Tujuannya, untuk mengakhiri kemiskinan dan kelaparan, melawan ketimpangan, memastikan perlindungan terhadap alam dan sumberdaya yang terkandung di dalamnya serta menciptakan kondisi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan adil," ungkapnya.

Disamping itu juga bertujuan sebagai kerangka pembangunan komprehensif yang mencakup seluruh aspek pembangunan, baik dari aspek sosial, ekonomi maupun lingkungan.

Oleh karena itu kata Rudi, dibutuhkan sinergitas semua sektor baik dalam proses perencananaan, penganggaran, implementasi, monitoring hingga evaluasi.

Sebagai inisiasi untuk melocalizing SDGs, Pemprov Riau secara teknis membantu dari UNDP telah berproses dalam instrumen kebijakan dan kelembagaan SDGs.

Sedangkan untuk tingkat Kabupaten, pemerintah telah berkomitmen untuk turut serta mengambil bagian untuk mempersiapkan pelaksanaan SDGS.***Bud/Adv


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER