Kanal

Forum BPD Kampar Lakukan Bimtek di Lombok

PELITARIAU, Kampar - Forum Badan Permusyawaratan (BPD) Kabupaten Kampar sebagai forum badan legislaif berada di Pemerintahan Desa melakukan Bimbingn Teknis.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kampar yang diwakili oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kampar Syuria Budhi,SH saat membuka acara Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Badan Pemusyawarïatan Desa (BPD) Se-Kabupaten Kampar di Ball Room Golden Palace Hotel Lombok Nusa Tenggara Barat jum'at (11/18).
 
Syuria menjelaskan, bahwa badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan badan legislatip ditingkat Desa yang mengawasi kinerja ekskutif dan aparatur desa. Untuk itu dipandang perlu juga para BPD memiliki wawaaan dan kemampuan teknis dalam menjalankan tugas sehari-harinya.
 
Karena lanjut Budhi, tugas BPD pada hakikatnya tidak jauh beda dengan dewan, yakni ikut mengawal program-program yang akan direncanakan, agar bisa membantu mewujudkan cita-cita program pemda dalam memantapkan pembangunan perdesaan. Hanya saja dewan yang terhormat banyak mengarah kesistim politik dalam menjalankan tugasnya untuk masyarakat.
 
Untuk itu Bimtek yang dilaksanakan tersebut merupakan bimtek pertama semenjak Kabupaten Kampar terbentuk. Dengan diadakannya Bimtek bagi para BPD kedepan BPD agar lebih berani dan setiap keputusan yang diambil harus berdasarkan atas musyawarah untuk mencapai mufakat.

Jika terjadi selisih faham, maka selesaikanlah dengan musyawarah dan terbuka agar program yang dijalankan fokus kepada program yang sangat dibutuhkan masyarakat, karena BPD juga didarapkan mediasi masyarakat dengan desa untuk pembangunan.
 
Dengan demikian sekali lagi Syuria mengharapkan dengan adanya kegiatan bimtek ini dapat hendaknya memberikan kontribusi bagi pembangunan kabupaten kampar sehingga terwujud lima pilar prmbangunan Kabupaten Kampar secara berkesinambungan.

Karena didalam Bimtek tersebut dalam materinya diberikan oleh pihak Kementrian Dalam Negeri, Pemda Kampar sendiri, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan BPKP Perwakilan Riau serta dari Kejaksaan Negeri Bangkinang seseuai dengan materi yang telah ditentukan.
 
Semantara itu ketua Forum BPD Kampar Sopian dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota BPD dan BPMPD Kampar yang telah bekerja sama hingga terselenggaranya bimtek ini,  hal ini dilakukan sebagai pertimbangan kedepan karena BPD merupakan dewan terhormat Desa ditengah masyarakat serta insyallah BPD selalu siap menujang pragram pemda Kampar kedepan.(r 10/kampar)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER