DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bangun Ekonomi, Pemkab Inhu Perlu Anggaran Rp97 M

Editor :Rio Ahmad Sabtu,17 September 2016 | 05:49:47 WIB
Bangun Ekonomi, Pemkab Inhu Perlu Anggaran Rp97 M  Ket Foto :

PELITARIAU, Inhu - Pemkab Inhu menyampaikan usulan pembangunan bidang ekonomi kepada Komisi B DPRD Provinsi Riau senilai Rp 97 miliar lebih. Usulan itu terdiri dari pengembangan industri kecil dan UKM, revitalisasi pasar serta pertanian dalam arti luas.

Menurut Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Inhu, Junaidi Rachmat, pengembangan industri kecil dan UKM dilakukan melalui pembinaan koperasi, bantuan modal serta penguatan kelembagaan.

Sedangkan pembangunan pertanian dalam arti luas meliputi pembangunan kawasan agropolitan, terutama di Kecamatan Rakit Kulim, pengembangan agrobisnis padi sawah, pengembangan sentra pembibitan sapi di Desa Belimbing, Kecamatan Batang Gansal, optimalisasi BBP Petar, peningkatan SDM petani dan penyuluh serta rehabilitasi hutan dan lahan.

Khusus untuk pengembangan kawasan agropolitan Rakit Kulim sudah ditetapkan melalui SK Bupati Inhu Nomor : Kpts. 336/VI/2015 dengan dukungan dari 7 desa diantaranya Desa Kelayang, Desa Lubuk Sitarak, Desa Petonggan, Desa Kuantan Tenang, Desa Koto Baru, Desa Kampung Bunga, Desa Rimba Seminai.

“Kawasan agropolitan Rakit Kulim didukung adanya waduk Sungai Gemuruh seluas 22,65 hektare serta luas lahan sawah 482 hektare. Dengan adanya kawasan agropolitan Rakit Kulim ini diharapkan mampu menjadikan sentra industri padi di bagian barat Kabupaten Inhu. Sedangkan Kecamatan Kuala Cenaku sebagai sentra industri padi di bagian timur,” jelasnya.

Selain Kecamatan Rakit Kulim dan Kuala Cenaku, pengembangan agribisnis padi sawah juga dilakukan untuk Kecamatan Rengat, Sungai Lala, Peranap dan Kelayang.

Sedangkan untuk pembangunan sentra pembibitan sapi di Desa Belimbing, Kecamatan Batang Gansal, saat ini sudah tersedia lahan seluas 22 hektare, tenaga dokter hewan, petugas IB serta sapi bali 60 ekor dan sapi semental 10 ekor. Hanya saja, areal tersebut belum dipagar keliling. “Kami berharap Pemprov Riau dapat mendukung pengembangan sentra pembibitan Belimbing sehingga menjadi pusat bibit sapi wilayah Riau bagian selatan,” ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan HM Sadar.(prc/hms)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved