DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Lestariakan Permainan Gasing, Ketua Gasing Siak Adakan Tournamen

Editor :Doni Ruby Saputra Jumat,27 Mei 2016 | 12:13:56 WIB
Lestariakan Permainan Gasing, Ketua Gasing Siak Adakan Tournamen Ket Foto : Permaianan Gasing Tradisional Indonesia

PELITARIAU, Siak- Permainan Gasing merupakan permainan tradisional dari turun termurun bagi sejumlah masyarakat di Indonesia, untuk melestarikan permainan gasing yang kian tergusur oleh permainan modern, persatuan gasing kabupaten Siak, kamis (25/5/2016) mengadakan turnament gasing tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Siak, diikuti 20 regu dari 14 kecamatan.

 

Hj Arifin kepada media selaku ketua gasing kabupaten Siak sekaligus ketua panitia tournament gasing 2016 kepada media mengatakan, 20 regu mengikuti tournament, Satu team terdiri 5 orang.

 

“Perlombaan gasing ini  diikuti 20 regu se kabupaten Siak, masing masing tim ada lima orang,” ungkap Arifin.

 

Permainan tradisional yang dibuat dengan menggunakan kayu kempas ini menjadi permainan yang sudah ada sejak dulu, dan diwariskan dari turun temurun. 

 

Menggunakan kayu kempas karena kayu tersebut terkenal sangat keras. Jadi sangat tahan ketika diadu pada saat pertandingan yang dilakukan secara beregu. 

 

Ia juga mengatakan belakangan ini kayu kempas sulit dicari, jadi penggemar gasing saat ini terpaksa membuat gasing dari bahan kayu lainnya yang tahan.

 

“Turnament ini kita perlombakan di jenis gasing tradisional, nantinya tournament ini akan kita buat juga tinggkat profinsi dan akan mengikuti tingkat nasional,”sebutnya.

 

Dijelaskannya, adapun nantinya hadiah yang ditawarkan kepada para pemenang yang berhasil menjadi juara pada tournament tersebut mendapat hadiah berupa uang binaan plus tropi.

 

“Pelaksananaan turnamen ini adalah bentuk kepedulian kita pada permainan tradisional yang dahul begitu populer di tengah masyarakat kita. 

 

Tapi belakangan ini permainan ini sudah tergusur oleh permainan modern. Untuk itu maka sudah pantas kalau kita mencoba melestarikan dengan menggelar turnamen ini sampai tanggal 29 nanti,” katanya.

 

Ia juga menambahkan, dengan diadakan tournament seperti ini warga yang gemar gasing menampakkan dirinya.

 

“Liatlah, pemain-pemain gasing itu, yang tidak pernah nampakan diri, sekarang mereka hadir, ada yang gemuk ada yang kurus,”ujar Arifin sembari tertawa.

 

Pantauan bertuahpos, pertandingan gasing yang berlokasi di taman Syarifah Aminah ini akan dibuka oleh Bupati Siak Syamsuar pukul 14.00 wib, pembukaan terlaksana pukul 14.45 wib. Menunggu Bupati datang pertandingan sudah dimulai oleh beberapa tim.***

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved