DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Untuk Memajukan Pembangunan Desa

Sekdakab Rohul Lantik 280 Anggota BPD Di Gedung Dharma Wanita Permaisuri

Editor :Ramdana Rabu,03 September 2014 | 22:16:42 WIB
Sekdakab Rohul Lantik 280 Anggota BPD Di Gedung Dharma Wanita Permaisuri Ket Foto : Sekdakab Rohul Lantik 280 Anggota BPD dari 55 Desa Serentak Tersebar Di sembilan Kecamatan

PELITARIAU, PASIRPANGARAIAN - Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Rokan Hulu (Rohul) Ir. Damri Harun MM melantik sebanyak 280 Anggota Badan Permusyawartan Desa (BPD) dari 55 desa tersebar di 9 kecamatan secara serentak, Rabu (3/9/14).

Pada sambutannya di Acara Pelantikan di Gedung Dharma Wanita Permaisuri Pasirpangaraian, Sekdakab Rohul mengharapkan Anggota BPD dari 55 desa bersinergi dengan Kepala Desa (Kades) dalam memajukan pembangunan desa.

Menurut Damri, beberapa Anggota BPD yang dilantik sudah berpendidikan strata satu (S1). Hal itu, kata dia, termasuk harapan pemerintah dalam memajukan pembangunan daerah, sebab pembangunan dimulai dari tingkat pedesaan, seperti dilansir riauterkini.com.

Tugas dan fungsi BPD, jelas Damri, sangat menentukam kemajuan desa. Sebab Kades dan BPD merupakan orang yang menentukan maju atau mundurnya sebuah desa. Apalagi, adanya wacana pemerintah pusat untuk mengucurkan anggaran Rp1 miliar per desa, termasuk wacana dari Pemerintah Provinsi Riau akan mengucurkan bantuan Rp500 juta per desa.

"Jika program pemerintah pusat dan provinsi memang jadi dilaksanakan, tenaga-tenaga Anggota BPD sangat dibutuhkan," kata Damri pada sambutannya.

Dana bantuan melalui dana APBN dan dana APBD Riau memang masih sebatas wacana, ujar Damri, jika hal itu terealisasi, maka per desa akan mendapatkan dana bantuan sekitar Rp2 miliar ditambah bantuan Anggaran Dana Desa (ADD) yang jumlahnya sekitar Rp500 juta untuk meningkatkan pembangunan desa.

Dia menyarankan, Kades dan BPD segera menyusun Rencana Kegiatan Anggaran (RKA), termasuk Kebijakan Umum Anggaran (KUA) APBDes, sehingga untuk masalah keuangan, tidak ada pejabat-pejabat di pemerintahan desa yang terjerat hukum.

"Buat dan susunlah program desa secara bersama-sama," imbau dia.

Masih di tempat sama, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Rohul Budhia Kasino mengatakan 280 Anggota BPD yang dilantik atasnama Bupati Rohul. Mereka berasal dari 55 tersebar di 9 kecamatan.

Sembilan kecamatan tersebut terdiri Kecamatan Rambah, Rambahsamo, Rambah Hilir, Tambusai Utara, Bangunpurba, Bonaidarussalam, Kuntodarussalam, Tandun dan Kecamatan Ujungbatu.

Menurutnya dia, keuntungan pelantikan secara serentak tentu akan mengirit biaya. Pelantikan tingkat kabupaten juga akan membuat para 280 Anggota BPD tersebut lebih bersemangat dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Seperti pengesahan APBDes, membuat peraturan desa, produk legislasi tingkat desa, menampung aspirasi masyarakat dan lainnya.

Pelantikan 280 Anggota BPD dari 55 desa turut dihadiri beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pejabat lain, 16 Camat, serta 55 Kades bersangkutan. (PR-cr.Ram)

 

Editorial : Ramdana Yudha

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved