DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Kampanye Dialogis Di Tiga Kepenghuluan

Herman Sani Catat Puluhan Ketimpangan Pemkab Rohil

Editor : Minggu,06 September 2015 | 17:22:39 WIB
Herman Sani Catat Puluhan Ketimpangan Pemkab Rohil Ket Foto : Calon Bupati Rohil H Herman Sani SH MS,i menaggapi keluh kesah masyarakat

PELITARIAU. Bagansiapiapi - Calon Bupati Rokan Hilir (Rohil) Herman Sani banyak mendapat catatan penting dari masyarakat atas ketimpangan kebijakan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Rohil selama ini yang dinilai tidak menyentuh langsung kepada masyarakat.

Kampanye dialogis yang dilakukan, Sabtu (5/9/15) ditiga Kepenghuluan, yakni Kepenghuluan Babussalam Rokan, Sukajadi dan Siarang-arang Kecamatan Pujud, masyarakat menyampaikan puluhan keluhan yang dirasakan selama ini.

Rata-rata dari penyampaian masyarakat, masyarakat mengeluhkan selama ini kurang diperhatikan oleh pemerintah. Sehingga, masih banyak ditemukan warga miskin di kepenghuluan mereka.

Adapun penyebab masih rendahnya ekonomi masyarakat di tiga kepenghuluan itu diantaranya, pemerintah tidak pernah memperhatikan sumber penghidupan masyarakat yaitu di bidang perikanan dan perkebunan.

Bukan hanya itu, masyarakat Pujud juga meminta agar di buatkan fasilitas kesehatan supaya tidak berobat keluar daerah. Selain itu, masalah infrastruktur jalan yang sangat memprihatinkan, perlu dibuat agar jalan antara penghubung kepenghuluan dengan kepenghuluan lainnya serta jalan penghubung dari kepenghuluan sampai ke kecamatan bisa diakses dengan mudah.

Oleh sebab itu, ratusan masyarakat yang hadir ditiap kepenghuluan itu sangat berharap banyak kepada Herman Sani. Apalagi, visi misi Herman Sani, sangat sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat Rohil selama ini.

Ustad Gaul misalnya, salah seorang warga Kepenghuluan Babussalam menyampaikan keluhannya. Dia meminta agar sistim birokrasi perlu dibenahi. Banyak kesulitan yang dialami masyarakat baik itu penerimaan pegawai maupun pengurusan KTP.

Selain itu, masalah perikanan juga perlu diperhatikan didaerah ini. Bila perlu, kepemimpinan Herman Sani-Taen Pratama yang akan datang ini bisa membuat program untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dibidang perikanan.

"80 persen masyarakat disini pekerjaannya sebagai nelayan sungai. Sekarang ini kami sangat susah, apalagi harga sawit saat ini memprihatinkan dan harga  pupuk tinggi. Kami berharap aspirasi kami ini diterima oleh pak Herman Sani," terangnya.

Bahtiar, ninik mamak lembaga adat di Kepenghuluan Siarang-arang meminta agar dilakukan perbaikan jalan di Siarang arang bawah. Hanya satu kilo meter yang rusak parah, tapi tak kunjung diperbaiki pemerintah. Yang tidak kalah penting, patut diketahui bahwa sungai Rokan sudah sangat memprihatinkan kondisinya karena tidak memungkin lagi mencari ikan secara tradisional.

"Dukungan kami sepenuhnya untuk bapak. Kami harap,  kebijkan Herman Sana lebih memperhatikan kehidupan masyarakat sini. Yang sekarang menagkap ikan dengan pola tradisional, kedepan harus ditingkat kanjadi pola maju, paling tidak menjadi sentral budidaya," harapnya.

Hal yang sama juga dikatakan Iwan. Warga Kepenghuluan Sukajadi, sangat menyayangkan tidak adanya fasilitas kesehatan. Sehingga, banyak warga yang sakit berobat ke Dumai. Masalah jalan, juga harus menjadi perhatian utama di kepenghuluan ini.

"Sukajadi ini PAD nya terbesar se Kecamatan Pujud, tapi jalannya masih banyak yang rusak. Kalau hujan banyak yang terpuruk, kalau kemarau banyak yang makan debu," urainya.

Menaggapi permasalahan diatas, Herman Sani telah mencatat semua keinginan masyarakat. Dengan adanya kekompakan dan dukungan penuh masyarakat Rohil untuk memilihnya 9 Desember mendatang, semua itu akan disiasati sesuai kebutuhan dan potensi masing-masing daerah agar daerah itu maju.

Herman Sani juga telah memetakan potensi kabupaten Rohil yang akan dikembangkan sesuai potensi daerahnya, baik itu sektor pertanian, perkebunan, peternakan maupun perikanan. Sehingga daerah seluruhnya sama-sama geliat pembangunannya merata dirasakan serta geliat perekonomian masyarakat pun menjadi mantap.***Jr
 

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved