DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pesan Bupati Irwan Kepada Kades Yang Dilantik

Bupati: Kesampingkan Perbedaan, Bersama-sama Bangun Desa

Editor :Doni Ruby Saputra Rabu,13 Mei 2015 | 22:57:22 WIB
Bupati: Kesampingkan Perbedaan, Bersama-sama Bangun Desa Ket Foto : Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi melakukan pelatikan Kepala Desa terpilih

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi melakukan pelatikan Kepala Desa Mekung dan Desa Gogok Darusalam, demi lancarnya roda pemerintahan desa dalam percepatan pembangunan, Bupati pesan kesampingkan perbedaan. "Perbedaan pendapat dan pandangan saat mensukseskan calon masing masing dalam Pilkades merupakan hal biasa, dengan terpilihnya Kades mari bersatu kembali dibawah kepemimpinan  Kades terpilih," ajak Bupati, di Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Selatpanjang, Jum'at (8/5).

Bupati berharap, baik masyarakat, kelompok masyarakat, khususnya lagi Kades terpilih, dapat menyudahi perbedaan pendapat dan pandangan saat Pilkades lalu. Kini dibawah kepemimpinan Kades yang baru Bupati mengajak seluruh komponen masyarakat bersatu padu membangun Desa.

Himbauan Bupati tersebut disambut hangat oleh Kades Desa Mekung terpilih, Abdurahman Subari. Ia berjanji akan merangkul seluruh kelompok yang ikut dalam Pilkades lalu. "Jika dalam Pilkades lalu kita dipuakan kini sudah teruntai kembali, mari kita bersama membangun desa Mekung," ajak Abdurahman yang baru saja dikantik sebagai Kades oleh Bupati Irwan, dikantor Desa Mekung.

Abdurahman berharao situasi yang kondusif saat Pilkades lalu, dapat dipertahankan saat Pemilihan Bupati Meranti yang akan dilaksanakan bulan Desember 2015 mendatang. "Kerja keras kita belum selesai dan akan berlanjut pada Pilbup Desember nanti," ucapnya.

Disela pelantikan Kades Mekong, Bupati Irwan meminta Abdurahman segera membangun kembali jalan-jakan Desa yang sudah cenderung jelek dan tidak nyaman lagi dilalui. "Kades saya minta segera koordinasi dengan Dinas untuk mengusulkan pembangunan jalan Base, jika masih disemenisasi pastinya akan rusak lagi," ujar Bupati disambut tepuk tangan meriah warga.

"Kita ingin masyarakat Mekung merasakan jalan yang mulus dan nyaman untuk dilalui," tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Gogok Darusalam terpilih, Sugianto, dirinya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan masyarakat kepadanya dan berjanji tidak akan membedakan kelompok manapun. "marilah kita kesampingkan perbedaan yang lalu, mari bersama membangun Desa, semoga  Desa Gogok bisa kebih baik lagi," ucapnya.



Menyangkut dana sendiri, dapat menggunakan dana desa sebesar 1.4 Miliar, yang penggunaanya diminta berkoordinasi dengan BPD dan masyarakat. "Kantor Desa Gogok yang representatif sangat diperlukan, jika dulunya desa ini sebagai daerah pertanian, maka kedepan akan bergeser ke Perkotaan yang fokus pada pelayanan kepasa masyarakat," jelas Irwan yang meminta Kades harus rajin berkoodinasi dengan dinas di Kabupaten.

Akhir kata, Bupati meminta kepada masyarakat tetap menjaga kondusifitas, Pilkades lalu merupakan tahap awal untuk hajatan yang lebih besar lagi yakni Pemilihan Bupati yang akan berlangsung Desember 2015 mendatang. "Setelah Pilkades, nanti akan memasuki babak kedua Pilbup yang akan lebih seru dan ramai lagi, saya berpesan dalam Pilbub nanti seluruh masa menjaga situasi aman tertip damai serta terkendali," ajak. Irwan.

Irwan juga mengajak seluruh komponen masyarakat Meranti untuk memberi kesempatan kepasa semua putra putri terbaik Meranti yang akan berkompetisi memperebutkan kursi Meranti I, sepanjang calon tersebut memiliki niat baik membangun Meranti. "Siapun yang akan maju tidak jadi masalah, beri kesmpatan kepada putra putri Meranti, dan masyarakat harus dewasa, jangan sampai tidak bertegur sapa," ujarnya mengakhiri.

Dengan dihapuskannya PNPM dan diluncurkannya PMM sebesar 1.4 Miliar, peran Kades sangat diperlukan untuk mengkoordinasikan program-program pembangunan Desa. "Program ini untuk menjawab keluhan masyarakat kita ingin jangan sampai ada Desa yang tidiak tersentuh program pembangunan,"tegas Bupati mengakhiri.


Jangan Ada anak Tiri Dalam Memimpin

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi melantik Syamsulharto sebagai Kepala Desa Topang, Kecamatan Rangsang masa bakti 2015-2021, Bupati berpesan kepada Kades terpilih dapat merangkul semua kelompok dan jangan ada anak tiri dalam memimpin.

Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Meranti Taufik Qurrahman,  Fokopinda, Asisten I Sekdakab Meranti Alizar, S.Sos, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Ikhwani, Kaban Kesbangpolinmas Ahmad Yani, Camat Rangsang Mulyadi, tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat setempat.

Kepada Kades terpilih, Bupati Irwan berpesan, agar amanah yang dipercayakan oleh masyarakat, dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dalam rangka memenuhi harapan masyarakat, membangun Desa Topang semakin baik kedepan. "Mari laksanakan amanah sebaik-baiknya, bawa Desa Topang lebih baik lagi kedepan," Harap Irwan.

Pilkades telah selesai, pelantikanpun telah dilakukan, dalam Pilkades, menurut Irwan, lumrah terjadi perbedaan pendapat dan pandangan namun persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga. "mulai pelantikan ini masyarakat harus bersatu mendukung Syamsulharo, dan kepada Kades jangan membeda-bedakan kelompok, jangan sampai ada yang dianak tirikan agar persatuan, dan kekompakan di Desa Topang tetap terjaga," ucap Bupati.

Dikatakan Bupati, Topang termasuk Desa yang terbaik di Kab. Meranti, dengan terpilihnya kembali Syamsulharto, dapat meningkatkan motivasi dalam membimbing masyarakat mencapai kemajuan. Saat ini menurut Irwan, yang menjadi perhatian pembangunan di Desa Topang yakni jalan-jalan yang dinilai tiap hari makin jelek. "Kades tolong fokuskan program untuk jalan-jalan, saya melihat makin hari jalan makin jelek,"papar Bupati.
 

Selain mampu membimbing masyarakat Kades juga diminta untuk bekerjasama serta menjalin komunikasi yang harmonis dengan Badan Perwakilan Desa (BPD), serta Camat sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten. "Kades harus dapat menjalin komunikasi yang baik, maju tidak majunya Desa tergantung Kades, untuk itu harus pro aktif, jangan hanya duduk dikampung saja, terus tingkatkan kinerja agar Desa semakin maju," ujar Irwan.

Dengan dihapuskannya PNPM dan diluncurkannya PMM sebesar 1.4 Miliar, peran Kades sangat diperlukan untuk mengkoordinasikan program-program pembangunan Desa. "Program ini untuk menjawab keluhan masyarakat kita ingin jangan sampai ada Desa yang tidiak tersentuh program pembangunan,"tegas Bupati mengakhiri.***Adv
 

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved